21 TIPS MENGATUR WAKTU

sumber : google

POCIMEDIA.COM – Jangan berpikir dan mengatakan bahwa Anda tidak punya waktu. Tapi seperti orang lain, Anda juga diberi jumlah waktu yang sama persis dengan yang sukses dan sibuk di sekitar Anda. Hal ini tentunya merupakan cerminan sendiri.

Mungkin ada beberapa lebih banyak waktu untuk kemungkinan ini alias sia-sia tidak perlu terbuang. Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang-buang banyak peluang serta kesempatan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Anda akan kehilangan banyak hal berharga yang harus dimiliki saat ini.

Meskipun Anda sudah beberapa kali dalam melakukannya, tidak berarti itu tidak dapat diubah dan ditingkatkan lagi. Pertimbangkan 21 cara berikut untuk Anda mungkin untuk mengatur waktu yang Anda miliki.

1. Lengkapi Pekerjaan Terlebih Dahulu Paling Penting
Ketika bekerja atau melakukan hal-hal lain dalam hidup Anda, penting untuk selalu menyelesaikan paling penting pertama. Itu hanya kemudian diikuti oleh berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang memungkinkan Anda untuk mengelola pekerjaan. Dan Anda akan memiliki sejumlah waktu yang cukup untuk melakukan pekerjaan apapun sesuai dengan kebutuhan selesai.

2. Belajarlah untuk Mengatakan “Tidak”
Hal sering lakukan adalah buang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu penting. Hal ini membuat kita kehilangan waktu dan tidak mendapatkan apa-apa. Mulai berkomitmen untuk menolak berbagai kegiatan atau hal-hal yang akan membuang-buang waktu yang berharga dengan sia-sia.

3. Minimal tidur 7-8 Jam Sehari
Jangan meremehkan waktu tidur Anda dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna, seperti begadang atau berselancar di dunia maya sampai pagi. Berbagai hal akan mengganggu jam tidur Anda. Dan sejumlah kegiatan yang ingin Anda lakukan di pagi hari adalah jadi terganggu. Anda akan sulit untuk fokus menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan dari kurang tidur dan istirahat.

4. Fokus pada Pekerjaan
Jika bekerja di depan layar komputer, biasakan untuk selalu fokus dan melakukan apa pekerjaan Anda dengan baik. Hindari godaan untuk membuka berbagai jendela yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

5. Selesaikan lebih Awal
Jangan menunda-nunda pekerjaan atau melakukan pekerjaan terburu-buru. Ini akan menempatkan Anda pada risiko untuk membuat kesalahan dan juga berbagai hal lain yang mengurangi nilai dari pekerjaan yang Anda bekerja. Akan sangat baik jika Anda selalu menyelesaikan pekerjaan awal dan tepat waktu.

6. Jangan buang Waktu untuk Berbagai Hal Kecil
Memeriksa secara rinci pekerjaan adalah sangat penting. Namun, itu akan sangat memakan waktu jika Anda melakukannya setiap saat. Sementara pekerjaan belum selesai. Membuat pekerjaan Anda secara teratur dan sesuai dengan poin yang seharusnya. Berikutnya, Anda bisa mengambil waktu sejenak untuk melihat lagi setelah selesai.

7. Membuat pekerjaan sebagai sebuah kebiasaan
Akan sangat bagus jika Anda dapat menerapkan dalam kehidupan. Anda membuat kebiasaan atau rutinitas kerja sebagai hobi yang menyenangkan. Dengan melakukan ini, pekerjaan akan lebih ringan dan tidak melelahkan, terutama jika ternyata Anda begitu menikmati itu.

8. Jeli dalam mengatur waktu
Bagi Anda yang memiliki berbagai kebiasaan yang berhubungan dengan internet dan fitur lainnya, seperti permainan, televisi, dan aktif di berbagai media sosial, itu akan sangat tepat jika Anda memiliki manajemen waktu yang cerdas untuk melakukannya. Jangan biarkan waktu Anda terbuang tidak perlu habis untuk berbagai kegiatan atau kebiasaan yang Anda miliki dan tidak memberikan manfaat maksimal dalam hidup Anda.

9. Perkiraan dan tentukan Waktu Penyelesaian
Anda bisa lebih fokus dan bersemangat ketika akan menyelesaikan pekerjaan dalam batas waktu tertentu yang terbaik yang Anda mampu. Waktu melakukan hal-hal yang dapat membantu untuk lebih efisien dan cerdas mengelola setiap detik waktu yang Anda miliki untuk pekerjaan itu. Bahkan jika Anda harus menambahkan beberapa waktu untuk menyelesaikan.

10. Ambil Jeda untuk Setiap Pekerjaan Selesai
Melakukan sesuatu yang terburu-buru dan kemudian segera menyelesaikan pekerjaan lain setelah itu bisa membuat Anda bosan dan tidak memiliki interval yang cukup. Jangan melakukannya karena itu akan menjadi kebiasaan yang melelahkan dan membosankan. Mengambil jeda dan udara juga segar sebelum melakukan pekerjaan lain.

11. Jangan Selalu terpaku ke Daftar Tugas
Jika Anda memiliki kebiasaan untuk menuliskan daftar tugas harian, itu tidak berarti Anda harus melakukannya tanpa henti dan tanpa gangguan sama sekali. Anda hanya bisa fokus pada daftar, tapi masih perlu menghabiskan beberapa jumlah waktu yang cukup untuk istirahat dan berpaling sejenak sebelum melanjutkan tugas-tugas yang menanti.

12. Olahraga dan Sehat Makanan
Jangan lupa kegiatan olahraga untuk menjaga tubuh Anda sehat dan bugar saat beraktivitas. Makan makanan terlalu baik dan memiliki nutrisi yang baik sehingga tubuh tetap sehat dan siap untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

13. Lakukan lebih sedikit
Dengan mengurangi beban kerja, Anda dapat fokus pada beberapa pekerjaan yang paling penting dan harus diselesaikan segera. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi Anda pada pekerjaan spesifik yang paling penting dan memerlukan beberapa presisi lebih dari yang lain.

14. Memanfatkan akhir pekan
Tidak ada salahnya untuk mengambil keuntungan dari akhir pekan Anda selama beberapa jam untuk hanya membayar pekerjaan. Mungkin kegiatan mengganggu bagi sebagian orang. Namun, kegiatan ini bisa mengurangi beban kerja Anda beberapa jam selama seminggu. Daripada menghabiskan waktu dengan keheningan dan tidak ada pekerjaan sama sekali, Anda akan ingin menggunakan akhir pekan untuk hanya mengurangi beban kerja.

15. Buat semua lebih Rapi dan Terorganisir
Jangan meninggalkan rumah dan pekerjaan Anda menjadi berantakan dan tidak teratur sama sekali. Ini akan membuang banyak waktu dan usaha Anda untuk memperbaikinya, terutama jika miskin Anda membiarkan hal itu terjadi untuk banyak hal dalam hidup Anda. Mulailah untuk meluruskan hal-hal ini, terutama menyangkut pekerjaan Anda.

16. Lakukan Sesuatu Ketika sedang menunggu
Ada kalanya kita akan menghabiskan waktu untuk menunggu, baik dalam hal pekerjaan dan hal-hal lain. Jangan buang waktu dengan diam dan tidak berguna. Anda dapat membaca atau melakukan sesuatu yang berguna untuk diri sendiri tentu saja.

17. Berdiam diri
Hal ini tidak berhubungan dengan masalah atau yang lain. Sesekali kita perlu beberapa waktu sendirian dan merenungkan di tenang, seperti di kamar tidur. Dengan melakukan ini, biasanya Anda akan memiliki waktu untuk berpikir dan melihat kembali apa yang telah dilakukan sejauh ini.

18. Berkomitmen untuk Melakukan Sesuatu
Hal ini sangat penting, terutama bagi mereka yang selalu digunakan untuk menunda atau bahkan mengabaikan berbagai hal lain yang cukup diperlukan dalam kehidupan. Memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan hal-hal yang Anda benar-benar inginkan atau butuhkan sehingga Anda memiliki prestasi dalam hidup Anda.

19. Pekerjaan / Tugas saling Terkait
Melakukan pekerjaan yang memiliki hubungan antara satu dan yang lain sehingga Anda dapat berkonsentrasi sekaligus dan bisa dilakukan secara berurutan.

20. Memiliki Waktu Tenang
Ini adalah waktu tenang dan diam yang akan membawa Anda ke suasana tenang dan baik berbayang. Anda dapat mendengarkan semua keinginan Anda dan juga kedamaian dalam diri Anda.

21. Menghilangkan Pikiran Negatif
Terkadang muncul pikiran negatif dalam diri kita. Ini akan sangat mengganggu dan berbagai hal lain yang tidak baik. Hapus dan meninggalkan hal-hal ini sehingga Anda dapat merasa nyaman dan tenang.

Mengatur waktu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terutama jika Anda sudah pergi dari kata yang digunakan untuk melakukan. Namun, jika dilakukan secara perlahan, berbagai cara di atas akan membantu Anda untuk mengatur waktu dengan baik. Dan ingat, berkomitmen untuk menjalankan. @muning

sumber : diambil dari berbagai media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: