foto:istimewa

POCIMEDIA.COM| Batam – Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kepulauan Riau, Akhmad Ma’ruf Maulana baru-baru saja mengungkapkan tentang 11 perusahaan Amerika Serikat bakal berinvestasi di kota Batam pada awal 2020 mendatang.

“Kesebelas calon investasi dari Amerika itu ada industri pengalengan ikan dan jasa. Kami sudah punya data perusahaan-perusahaan ini. Inilah yang mau lari ke Vietnam akan pindah ke Batam,” ujar Ma’ruf, pada hari ini, Rabu (27/11).

Pada akhir tahun nanti, salah satu investor dari Amerika Serikat (AS) akan merealisasikan investasinya. Dan investor ini dijadwalkan akan datang besok (28/11) di Kabil.

Kadin Kepri juga sudah melaporkan rencana investasi ini ke Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian serta meminta jaminan untuk perijinan-perijinan perusahaan itu dibantu untuk masuk.

Ia juga akan mem-follow up, realisasi 11 investor yang akan masuk Batam itu, agar pihaknya akan menindaklanjuti investasi ini pada awal tahun depan dengan melakukan lawatan ke AS.

Rencana investasi ini diharapkan agar segera terealisasi, sebab AS juga sedang mengevaluasi arahan investasi ke Vietnam. Sementara itu, akibat dampak dari perang dagang Amerika-Cina semakin membuat dunia investasi Vietnam naik daun.

“Investor Cina juga ikut ke Vietnam, untuk menghindari biaya tinggi saat dipasarkan ke Amerika. Kita punya peluang untuk menarik investasi Amerika itu,” ujar Akhmad Ma’ruf Maulana. @beavinata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here