No icon

Server Down, Jadwal UNBK di Beberapa Kota Molor

Pocimedia.com, Surabaya - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP/MTs di sejumlah tempat di Indonesia mengalami kendala. Di Surabaya, tepatnya di SMP 17 Agustus 1945, sejak hari pertama ujian, (23/4) sempat mengalami keterlambatan akibat gangguan server di pusat. Meski demikian, pihak panitia tetap memberikan waktu dua jam kepada para peserta untuk mengerjakan soal ujian.

Gangguan server juga terjadi di Jakarta, yaitu di SMPN 58 Jakarta Selatan. Permasalahannya pun sama, yaitu jadwal ujian mundur kurang lebih 30 menit. Di SMP Taruna Bakti dan SMPN 17 Bandung, pelaksanaan UNBK molor 30 menit akibat server down. Sementara di wilayah Simalungun, Sumatera Utara akibat gangguan koneksi internet, UNBK di beberapa sekolah sempat molor selama 15 menit.

UNBK tingkat SMP/MTs yang diadakan secara serentak kali ini nampaknya tidak berjalan mulus. Ini akibatvadanya insiden gangguan server milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sekitar 30 menit. Banyak daerah di Indonesia yang mengalami kemunduran jadwal pelaksanaan ujian. Selain Jakarta, Surabaya, dan Bandung, wilayah lainnya antara lain area Jawa Tengah, Yogyakarta, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berdalih gangguan ini disebabkan akibat melonjaknya peserta ujian dibanding tahun lalu. Tingginya pengguna ini membuat sistem penunjang server kelebihan beban sehingga down.

“Kapasitasnya tidak memadai yang di luar perkiraan kita," ujar Mendikbud saat memantau UNBK di Timika, dilansir dari sindonews, (25/4).

Meski demikian, Muhadjir menjamin gangguan yang terjadi secara prinsip tidak menggangu UNBK. Karena, jadwal pelaksanaan UNBK 2018 sangat fleksibel dan diatur sedemikian rupa mulai dari digilir atau dibikin shift.

Kepala Biro Kumunikasi dan layanan Masyarakat Kemendikbud Ari Santoso mengatakan, pihaknya meminta maaf atas terjadinya gangguan ini.  Atas kejadian yang tak diinginkan ini, ada beberapa solusi yang ditawarkan seperti memundurkan jam ujian,  menambah sesi ujian atau mengikuti ujian susulan.

Komentar