No icon

Etape 4 Tour de Ijen, Pesepeda Akan Mengenakan Peci dan Sarung Wahyu Adityo Prodjo

 
Pebalap menyelesaikan etape pertama Tour de Ijen 2012 yang menempuh jarak 124,7 kilometer dari Kota Banyuwangi menuju Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (7/12/2012)  Pebalap Uzbekistan Denis Shaymanov memenangi etape ini.
Pebalap menyelesaikan etape pertama Tour de Ijen 2012 yang menempuh jarak 124,7 kilometer dari Kota Banyuwangi menuju Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (7/12/2012) Pebalap Uzbekistan Denis Shaymanov memenangi etape ini. (KOMPAS/RADITYA HELABUMI)

Pocimedia.com, Banyuwangi - Para pesepeda International Tour de Banyuwangi - Ijen (ITdBI) 2017 akan memulai etape keempat, Sabtu (30/9/2017) dengan mengenakan sarung dan peci. Hal itu diungkapkan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam acara jumpa pers ITdBI 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (18/9/2017).

"Yang berbeda tahun ini, kalau tahun lalu start dari Muncar dan lokasi wisata. Tahun ini sekarang ada start dari pesantren. Satu etape. Itu santrinya ada 7.000 orang. Peserta pakai sarung pemberangkatan," kata Anas.

Menurut Bupati Anas, pelepasan para pesepeda pada etape 4 ITdBI juga akan diiringi oleh musik gambus. Ia menyatakan hal ini akan menjadi keunikan yang dimiliki oleh ITdBI 2017. "Pemberangkatannya semua pakai kopiah dan sarung. Khusus untuk pemberangkatan. Bahwa nanti sarung dilepas tak masalah. Ini budaya sarung di Tour de France tak ada. Adanya ini mengakomodir PKS (Partai Keadilan Sejahtera)," tambahnya.

Anas menambahkan nantinya semua santri akan mendukung keberangkatan para pesepeda ITdBI 2017. Adapun pada Etape 4 ITdBI 2017 akan dimulai di Pondok Pesantren Blok Agung. Etape 4 akan berakhir di Kantor Bupati Banyuwangi

Acara wisata olahraga (sport tourism) International Tour de Banyuwangi - Ijen (ITdBI) 2017 bakal digelar pada 26-30 September 2017. Even balap sepeda yang telah diakui Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI) ini memasuki penyelenggaraan tahun keenam.

"International Tour de Banyuwangi Ijen ini ada 29 negara yang ikut. Ada 15 tim dari mancanegara, empat dari dalam negeri. Lima benua terwakili semua," kata Anas.

International Tour de Banyuwangi Ijen adalah ajang balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin (Calendar of Event) UCI. Ajang ini masuk kategori 2.2 dan sudah diselenggarakan sejak sejak 2012. ITdBI telah mendapatkan peringkat ”Excellent" dari UCI. Ini menjadikan ITdBI sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia.

Komentar