No icon

Mandi Safar Berpotensi Jadi Objek Wisata

Sampit, pocimedia.com - Indonesia merupakan negara yang terdiri dari gugusan pulau dari Sabang sampai Merauke. Di dalamnya ada beragam suku, budaya dan adat istiadat. Satu diantaranya adalah mandi safar. Tradisi ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam di kalangan masyarakat Melayu di Kabupaten Lingga, Kalimantan Tengah. Ritualnya diadakan setiap Hari Rabu terakhir di bulan Safar [perhitungan kalender Hijriah]. Orang-orang mandi bercebur di Sungai Mentaya. Kegiatan itu merupakan simbol untuk membersihkan dan berharap agar diri bersih dan terhindar dari hal-hal negatif. Tradisi ini dilaksanakan pada Rabu terakhir di bulan Safar.

Sama halnya dengan tahun sebelumnya, kali ini kegiatan mandi safar juga digelar hari ini (15/11). Bedanya, pemerintah setempat berupaya menjadikan tradisi mandi safar sebagai objek wisata. Hal ini dikarenakan banyaknya minat pengunjung untuk menyaksikan langsung ritual tersebut.  "Ini tradisi yang sudah ada sejak lama. Sekarang, kami kemas menjadi agenda pariwisata yang menarik untuk disaksikan,” kata Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi, Selasa (14/11).

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga menyiapkan serangkaian acara untuk memeriahkan tradisi Mandi Safar. Diantaranya pagelaran lomba tari daerah, lomba maulid al habsyi, lomba melukis dan mewarnai, lomba fashion show anak dan remaja serta bazar kue tradisional. Kegiatan akan akan dipusatkan di ikon daerah yaitu Patung Jelawat. Sementara untuk mandi akan dilaksanakan di Dermaga Habaring Hurung.

"Tradisi ini makin dikenal luas setiap tahun, warga yang menonton dan ikut mandi semakin banyak,” imbuh Supian. Pemerintah setempat berusaha mengelola dengan baik karena dinilai kegiatan ini sangat berpotensi mendatangkan pelancong. Hal senada juga disampaikan oleh Asisten III Bupati Lingga, Abdurakhman. Menurutnya, kegiatan Mandi Safar sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Lingga yang dilaksanakan melalui dinas terkait. Karena berpotensi menjadi objek wisata baru yang sangat menarik, khususnya objek wisata sejarah dan budaya. aish 

berita disarikan dari berbagai sumber

Komentar