No icon

Toko ini Menjual Berbagai Jenis Kurma Asli Arab Saudi

Pocimedia.com, Surabaya - Bagi umat Islam, pasti sangat kenal dengan kurma. Buah berdaging manis khas Negara Timur Tengah ini memiliki segudang manfaat bagi manusia. Sejak zaman Nabi Muhammad SAW, kurma menjadi menu makanan. Selain memberikan nutrisi bagi tubuh, buah kurma terbukti memiliki khasiat bagi kesehatan manusia.  

Saat ini kita mudah memperoleh buah kurma tanpa harus pergi ke Negara Timur Tengah. Hampir sebagian besar kota di Indonesia sudah menyediakan outlet yang menjual kurma. Bahkan ada juga pengusaha yang menjual aneka ragam makanan dari olahan buah kurma. Seperti permen, coklat, kue dan kopi kurma.

Abdulkarem Saeed Mareai Talib, satu diantara deretan pengusaha muslim yang mengolah kurma menjadi aneka macam olahan makanan. Tahun 2009 lalu, Abdulkarem membuka bisnis toko kurma ekslusif 'Thamra' di Kota Jakarta. Disana ada sekitar 40 jenis kurma berkualitas yang diimpor dari Arab Saudi. 

Awalnya, setiap kali berkunjung ke Indonesia, Abdulkarem dimintai oleh teman dan koleganya untuk membawa kurma berkualitas dari Arab Saudi. Dari sanalah dia menemukan ide untuk mendirikan toko kurma di Indonesia. Baginya, Indonesia merupakan pasar potensial dengan jumlah penduduk Islam terbesar. 

Nama Thamra berasal dari bahasa Arab "Tamr" yang atinya kurma. "Bagi masyarakat Arab, kurma adalah buah yang sangat berharga, sehingga pada zaman dulu, orang Arab kerap memberi nama anak perempuan mereka dengan nama Tamara, dari kata Tamr, dengan harapan anak perempuan mereka akan secantik pohon kurma," kata Abdulkarem sebagaimana dilansir dari laman Eramuslim.

Abdulkarem mengaku bahwa bisnisnya kini tidak hanya di Jakarta, tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Lampung, Medan, Surabaya dan Makassar. Menurut bapak tiga anak ini, kurma yang dipasok di Indonesia ini hanya diimpor dari Arab Saudi. Harganya bekisar Rp.40.000/kg sampai Rp.450.000/kg.

"Dari puluhan jenis kurma yang ada di Thamra, yang paling laris adalah jenis kurma Ajwa. Di kalangan kaum Muslimin, kurma ini juga dikenal dengan sebutan kurma Nabi," ujar Abdulkarem.

Jenis kurma lainnya yang menjadi favorit konsumen di Indonesia adalah kurma Majdoul, atau dikenal dengan nama kurma California. Berukuran besar, rasanya manisnya pas, berkulit tipis, daging kenyal serta segar, itulah penampakan yang nampak dari kurma Majdoul. Untuk mendapatkan dan menjaga pasokan kurma bagi bisnisnya di Indonesia, Abdulkarem bekerja sama dengan perkebunan kurma di Arab Saudi dan dengan Thamra Al Tumur Trading East, perusahaan distributor produk kurma.

Komentar