Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
Masjid Al Irsyad Bandung, Peleburan Konsep Religi, Seni dan Green Building
No icon

Masjid Al Irsyad Bandung, Peleburan Konsep Religi, Seni dan Green Building

Pocimedia.com,  Surabaya – Bandung merupakan Kota yang identik dengan seni sekaligus Kota wisata. Disana banyak terdapat destinasi wisata alami yang memiliki pemandangan indah. Namun siapa sangka, Kota Bandung juga menyediakan fasilitas wisata religi.

Kota yang berada di ketinggian 760 meter dari air laut itu ternyata memiliki banyak tempat wisata halal. Salah satunya adalah Masjid Al Irsyad. lokasinya ada di Kota Parahyangan, Padalarang, Bandung, Provinsi Jawa Barat. Masjid Al Irsyad terbilang unik. Bangunan masjidnya memiliki desain arsitektur elegan dan bernilai. Bentuknya tidak memiliki kubah sebagaimana bangunan masjid pada umumnya.

Di sekitar area masjid terdapat sebuah menara yang tingginya 24 meter. Menara itulah yang menjadi penunjuk bahwa bangunan yang sebagian besar bercat putih itu merupakan sebuah masjid, tempat ibadah umat Islam. Menariknya, masjid yang didirikan sejak Tahun 2009 lalu itu adalah mahakarya dari lulusan arsitek yang kini menjabat sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Dia terinspirasi dari Ka’bah di Makkah yang berbentuk Kubus.

fota tampak luar bangunan Masjid

Keunikan Masjid Al Irsyad bukan saja terletak pada tampilan luar. Desain interior bangunan masjid ternyata tak kalah menariknya. Masjid yang diresmikan pada tanggal 27 Agustus 2010 lalu disusun dari batu bata berbentuk lubang diantara batu solid. Susunan batu bata tersebut membentuk kaligrafi lafal kalimat Syahadat. Disamping memiliki nilai seni, penyusunan batu bata berlubang itu rupanya berfungsi sebagai sirkulasi udara dan sinar matahari. Sehingga bisa dikatakan bahwa Masjid Al Irsyad menggunakan konsep green building alias bangunan sehat.

Secara keseluruhan cat dinding Masjid didominasi oleh warna putih. Selebihnya ada ada warna hitam dan abu-abu. Ketiga kombinasi warna tersebut menghasilkan kesan masjid yang cantik dan modern.

Di ruangan bagian dalam masjid, terpasang 99 bola lampu. Jumlah ini merupakan simbol Asmaul Husna (nama-nama baik bagi Allah) yang jumlahnya juga 99. Jika menyala, maka akan terlihat satu-per satu nama-nama Allah. Mimbar masjid dirancang terbuka langsung menghadap pemandangan alam di luaran masjid. Sementara mihrab untuk sang khotib berada di atas kolam ikan. Bagi warga Bandung, Masjid Al Irsyad berhasil menggabungkan konsep religi, karya seni dan green building atau bangunan sehat. Sehingga, para jamaah yang hendak menunaikan ibadah Sholat akan merasakan manfat berlipat. Kekhusyuan, keindahan dan kenyamanan. ash

Komentar