No icon

Wisata Ziarah Wali Pitu Bali

Napak Tilas Penyebar Islam di Pulau Dewata

Pocimedia.com, Surabaya - Bali, sebuah tempat yang selama ini dikenal sebagai Pulau dewata itu rupanya juga menjadi jujugan wisata religi bagi umat Islam. Disana bersemayam makam-makam para waliyullah (Baca: kekasih Allah). Lokasinya pun menjangkau hampir di berbagai kabupaten yang ada di Provinsi Bali.

Beberapa diantara daftar wali pitu adalah wali seseh atau Pangeran Mas Sepuh. Lokasinya berada di pinggir Pantai Seseh Mengwi, Badung. Makam wali seseh terbilang unik. Makamnya terletak di paling belakang dari deretan tempat peribadatan Umat Hindu disana, Pura.

Kedua, Wali Negara & Datuk Lebai-Melayu, Habib Ali Bin Umar Bafaqih. Makamnya berada di Jembrana, Denpasar. Habib Ali Bin Umar dikenal gigih dalam menyebarkan ajaran agama Islam di wilayah Denpasar hingga menjelang wafatnya di usia 107 tahun. Ketiga, makam pejuang Muslim asal China. Makam yang dikenal dengan nama keramat karang rupit tersebut bernama asli The Kwan Pao-Lie, disingkat The Kwan Lie, yang bergelar Syekh Abdul Qadir Muhammad. Lokasi makamnya tidak berjauhan dengan pinggir pantai. Pengunjung bisa langsung melihat ombak air pantai dari balik jendela yang ada di dalam makam tersebut.

Keempat, wali kusamba yang juga terletak di pinggiran pantai di daerah Klungkung. Semasa hidupnya, Habib Ali bin Abu Bakar al-Hamid menjadi guru bahasa Melayu Raja Klungkung saat itu, Dalem I Dewa Agung Jambe. Waktu itu, dia diberi seekor kuda untuk kendaraan pulang pergi antara Kusamba dan Klungkung.Selain bertawasul ke makam wali kusamba, peziarah juga bisa menikmati pemandangan pantai sambil menyantap makanan khasnya, sate lilit. Yaitu sate yang terbuat dari daging ikan ditaburi dengan bumbu kacang pada umumnya.

Sate lilit Kusamba ini terbilang memiliki rasa khas. Menurut pengakuan salah satu warga sana, rasa sate Kusamba jauh lebih gurih dan enak. "Di Denpasar ada sate lilit, tapi rasa daging dan bumbunya tidak se-enak di Kusamba," ungkap Bagus yang berprofesi sebagai tour guide.

Keberadaan destinasi religi wali tujuh [wali pitu] ini menjadi berkah tersendiri bagi pemerintah Prov. Bali beserta warganya. Bagaimana tidak, hampir setiap hari daerahnya tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Baik lokal maupun turis asing. Khusus bagi rombongan wisata religi, mereka juga bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang ada di Bali. Beberapa diantaranya yang populer adalah Pantai Kute, sanur, Tanah lot, Pantai Pandawa, Tanjung Benoa, pusat perbelanjaan dan masih banyak lagi lainnya. ash

Komentar