No icon

Melbourne Kota Destinasi

Kota Paling Nyaman untuk Ditinggali ini Punya 10 Tempat yang Mencengangkan!

Melbourne sebagai ibu kota negara bagian Victoria di Australia merupakan kota terpenting kedua dari segi bisnis dan kedua terbesar di Australia serta kota terbesar di Victoria. Kota terbesar nomor dua di Australia ini sering kali disebut sebagai ibukota budaya dan olahraga. Sudah empat kali lho, kota ini mendapat predikat "Kota Paling Nyaman untuk Ditinggali". Nggak salah bila seseorang menjadikan kota ini sebagai rekomendasi destinasi untuk dikunjungi? Selain itu, ada banyak bukti lain kenapa kota ini menjadi rekomendasi. Saat tiba di Melbourne, kita akan memulainya dengan berjalan-jalan layaknya di negeri China, melangkah ke pantai, membaca buku di sebuah dome, berbelanja di sepanjang jalan, melakukan tour di taman safari, menaiki wahana yang menegangkan, dan hal menarik lainnya yang bisa kita lakukan saat berlibur di Melbourne. Ini akan menjadi perjalanan panjang yang menarik untuk dibaca!


1. Chinatown in Night

Chinatown merupakan daerah pemukiman terpanjang yang membawa kembali ke harinya Goldrush dari tahun 1850-an. Sepanjang tahun, ada banyak festival tradisional dan kegiatan, membuat Chinatown tujuan populer di pusat kota untuk lokal, antar negara dan pengunjung internasional. Ada banyak restoran dan rumah makan mie, toko-toko kelontong, pengobatan herbal China, toko buku, butik fashion dan outlet ritel lainnya di arcade seperti Centre VillageThe Target Centre dan Paramount Plaza.

Kita juga akan menemukan Melbourne Chinatown benar-benar kosmopolitan dengan segudang masakan dari Thailand, Jepang, Malaysia, Vietnam, Eropa dan Australia untuk menggoda selera. Yap, dan di Indonesia juga ada Chinatown loh

 

2. Yarra River

Sungai Yarra merupakan tempat nongkrong yang cukup digemari di Melbourne. Semua, tidak mengenal usia sangat menikmati tempat ini. Mulai dari remaja hingga dewasa. Bersantai memandangi langit dan sungai yang super cantik. Di sekeliling sungai pun banyak penjual makanan dan snack-snack yang akan membantu kita semakin menikmati pemandangan. 

Pada musim dan cuaca apapun, tempat ini tetap menjadi favorite. Lihat saja, saat malam pun tak kalah ramainya. Pada pagi hari, sungai yang merupakan simbol dari kota Melbourne ini dijadikan pilihan bagi mereka untuk berolahraga seperti bersepeda, jogging, dan yang lainnya sembari menikmati pemandangan. Kemudian para pengunjung juga bisa berkeliling Sungai Yarra menggunakan kapal pesiar yang disediakan dengan membayar tarifnya.


3. Royal Botanical Gardens

Setelah membahas Sungai Yarra yang cantiknya nggak ketulungan, di seberang Sungai Yarra tenggara dari pusat kota Melbourne terdapat taman cantik yang merupakan tempat ideal untuk kita berjalan santai, olahraga jogging di jalur jogging yang sudah disediakan, dan bersantai menikmati sejuknya hijau dan warna-warni taman ini. Pada taman ini, terdapat banyak spesies tanaman yang berbeda dan tempat perlindungan alami bagi satwa liar asli. 

Wuih, jadi pingin banget kesana. Oh iyaa taman ini gratis dan buka setiap hari untuk umum, lho. Jadi kapanpun kita pergi wisata ke Australia, pada liburan musim panas pun tetap bisa dinikmati. Maksimal suhu musim panas di Australia hanya 24ºC, lho. Boleh dibilang dingin lah ya ... siapin aja sweater dan mantel yang banyak ... hehehe.

 

4. Werribee Open Range Zoo

Taman safari yang bertemakan Afrika ini berada di kota satelit, Werribee. Kota satelit ini mempunyai banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi seperti Werribee mansion, Werribee plaza, Werribee cinemas, dan masih banyak lagi di Werribee. Yang menjadikan icon adalah taman safarinya yang bernama Werribee Open Range Zoo. Ada banyak spesies hewan mulai dari jerapah, badak, kangaroo, koala, gorilla, zebra, cheetah, singa, emus, dan banyak sekali kita bisa menjumpai hewan-hewan yang liar dan herbivora. 

Ada Learning Center yang akan mengajak kita berbagi ilmu sejarah dan geografi hewan di lingkungan mereka. Hal yang ingin aku lakukan adalah mengikuti safari tour-nya. Menyusuri tempat tinggal hewan-hewan dengan adanya pertemuan-pertemuan dekat. Wihiiii aku pingin banget kesana, berjumpa dengan mereka yang liar. Uuuu~ pasti sangat menyenangkan!


5. Luna Park Melbourne

Taman hiburan Luna Park merupakan taman hiburan yang bersejarah karena sudah lama dibuka yakni sejak tahun 1912. Wiw, sudah anniversary berapa tahun coba hitung. Kita bisa menaiki banyak wahana termasuk diantaranya yang paling terkenal adalah roller coaster-nya. Scenic Railway Roller Coaster merupakan wahana roller coaster kayu besar tertua dengan kecepatan tinggi. Saat menaikinya, kita dijanjikan untuk dapat melihat pemandangan menakjubkan St. Kilda, kota satelit yang menawarkan banyak tempat. Perasaan tegang, takut, dan excited bercampur membuat kita bakal meneriakkan segala yang ada di pikiran. Kejenuhan pun hilang deh hehe.

Meski begitu, taman hiburan ini hanya buka pada hari-hari libur seperti weekend di hari Jumat, Sabtu dan Minggu serta pada hari libur nasional. Paling cocok untuk mengajak teman dekat, teman rasa pacar, teman-teman, dan keluarga kita kesini. Pasti menyenangkan banget ya, pada 4 musim di Melbourne kita berkunjung kesini ...


6. St. Kilda Beach

Akhirnya, sampai juga membahas pantai. Bicara soal pantai, pasti bayangan kita langsung terarah ke tempat yang menyegarkan pikiran dan dapat melepas beban yang ada. Merupakan pantai yang terkenal di kota Melbourne. Pantai pasir ini umumnya dinilai memiliki kualitas air yang baik. Kita dapat menyaksikan langit sunset yang indah di sini. 

Sebenarnya aku naksir banget sama Brighton Beach Melbourne Bathing Boxesnya mereka. Pondok yang digunakan untuk mandi setelah berenang. Kreatifnya mereka membuatnya warna-warni buat aku jatuh cinta pada pandangan pertama.

Selain berenang dan berjemur, kita dapat melakukan watersport seperti berselancar, kitesurfing, sepatu roda, voli pantai, jetskiing, dan ski air. Bersepeda di sepanjang pantai pada jalur sepeda yang disediakan juga menjadi alternatif untuk kita menikmati udara pantai yang begitu refreshing. Banyak turnamen olahraga dan acara budaya yang dipentaskan di sini. Seperti marathon dan balap sepeda.

Pada pantai ini pun terdapat dermaga yang begitu cantik apalagi saat menyambut sunrise dan sunset. Dermaga ini adalah landmark bagi St. Kilda. Tempat ini boleh dijadikan untuk foto pre-wedding karena pemandangannya yang tenang dan ada nuansa romantisnya. St. Kilda Beach juga menyediakan gedung besar khusus untuk berenang, St. Kilda Sea Baths. Di sana juga disediakan restoran dan gym. Lengkap banget yap!

 

7. Collins Street

Merupakan sebuah jalan besar di pusat kota Melbourne. Jalan ini dianggap jalan utama tradisional dengan arsitekturnya yang megah. Berasa kembali ke zaman kerajaan ya, karena bangunannya yang bersifat kuno. Mulai dari belanja, bertempat tinggal, dan makan di sini sangat bisa dibilang enjoyable dengan nuansa kunonya.

Collins Street dipisah menjadi New Yorks End dan Paris End. Paris End merupakan bagian yang kuno karena bangunan-bangunannya yang tua dan digunakan oleh butik-butik yang ada sementara New Yorks End merupakan bagian yang lebih modern. Kita bisa menemukan cafe and pub serta bangunan tinggi yang sifatnya lebih modern. Pada Paris End, dikenal juga lebih mahal karena butik-butik bergengsi yang dapat ditemui saat menyusuri jalan ini. Beberapa brand terkenal seperti Prada, LV, Tiffany & Co, dan yang lainnya. Jadi, sembari mengagumi megahnya bangunan-bangunan tua di sana, kita dapat cuci mata dan sekaligus berbelanja di butiknya.

 

8. Victoria State Library

Siapa suka baca buku? Aku suka banget pergi ke perpustakaan dan di Melbourne ini ada perpustakaan yang menyediakan banyak buku yang siap dibaca oleh semua pengunjung. Perpustakaan ini merupakan salah satu tempat iconic di Melbourne. Melihat interior luarnya, perpustakaan ini boleh dinilai sangat megah. Perpustakaan ini memiliki dome (kubah). Tempatnya pun luar biasa luas. Banyak pengunjung yang datang setiap hari karena memang tempatnya yang publik dan umum serta gratis tanpa ada biaya untuk membaca buku. I have to go there someday!

Nah, ini dia penampakan dalam perpustakaan Victoria State. Luuuuas banget ya. Kubahnya pun tampak jelas menjulang. Warna catnya yang putih bikin kita semangat baca buku dan nggak bikin ngantuk ya. Ada enam ruangan yang disediakan untuk kita pembaca. Kemudian, nggak hanya tempatnya saja yang menakjubkan, tapi koleksi-koleksinya juga. Buku yang tersedia begitu banyak lebih dari jutaan koleksi tertata rapi di rak-rak buku. Mulai dari buku lawas hingga buku yang baru. Edukasi, biografi, fiksi, dan yang lainnya.

 

9. Melbourne Museum

Cantik sekali ya, bangunannya. Gorjes! Melbourne memang kota yang memiliki seni budaya dengan cita rasa yang sangat tinggi. Jadi, buat kalian penggemar seni, wajib deh datang ke sini. Atau untuk yang ingin mendalami mengenal seni budaya yang ada di Melbourne. Banyak sekali hal yang bisa dilihat dan dipelajari di museum Melbourne ini. Pameran-pameran seperti The Melbourne Story mengajak kita tenggelam dalam ceritanya berdirinya kota Melbourne.

 

Seperti yang bisa dilihat dan seperti museum pada umumnya, kita mempelajari mengenai kerangka-kerangka hewan jaman dulu serta ilmu antropologi dari Australia. Lebih dari itu, ada banyak robot hewan sebagai pembelajaran. Tak lupa para serangga. Kita diajak berjalan melalui hutan yang hidup dengan satwa liar dalam Gallery Forest. Perjalanan ke dalam pikiran dan menjelajahi dunia emosi, pikiran, kenangan dan impian di pameran The Mind. Asik banget dah sepertinya.

 

Phar Lap merupakan kuda yang diakui sebagai legenda sejati di Australia. Hal ini karena ia seringkali memenangkan dari banyak balap pacu kuda. Hitungannya ada 37 kemenangan dari 51 balapan. Hingga pada 1932, ia mati secara misterius. Nah di museum ini kita bisa melihat sang legenda serta mempelajari mengenai siapa Phar Lap lebih jelasnya. 

 

Nggak hanya kehidupan yang ada di darat, tapi Melbourne Museum juga menyediakan museum yang khusus untuk kehidupan laut, marine life. Rekaman di dalam air dan spesimen langka, ilmuwan museum menampilkan kehidupan indah laut di Victoria. Kita bisa melihat ekosistem terumbu karang, kehidupan hewan laut yang dikejar ikan buas seperti hiu dan paus. Ditampilkan juga bagaimana hewan laut berkamufkase, meracun, dan menghindari predator. Pokoknya lebih spesifik lah penjelasan yang ada di museum ini. Oh iya saat berkunjung kesini, jangan lupa untuk mampir ke Museum Shops, kita bisa membeli berbagai buku, mainan, game, kerajinan lokal dan souvenir ala kota Melbourne yang nggak bisa ditemukan di manapun. Oche oche ^^

 

10. Federation Square Melbourne

Aku terpana dan tersihir sekaligus terhipnotis saat pertama kali tahu soal interiornya. Desain yang nggak biasa namun luar biasa ini jarang ditemui di tempat lain. Merupakan jantung hati dari kota Melbourne sendiri yang letaknya di Flinders St. Pada tahun 1968 hingga 1990 -an sebelumnya, dianggap gagal dalam membangun bangunan ini hingga pada 2002 akhirnya resmi dibuka. Semua orang takjub dengan betapa unik desainnya.

Orang-orang berkumpul di halaman Federation Square untuk menyaksikan bersama acara-acara publik yang ditayangkan di layar besar. Kemudian sekumpulan bangunan berbentuk huruf 'U' ini membangun tata letak dari Federation Square. Latarnya menghadap Flinders St. Station. Di belakang bangunan ini, terdapat sebuah taman kota bernama Birrarung Marr yang aaamat cantik.

Di atas itu adalah interior dari atrium Federation Square. Betapa cantiknya bikin gemessss. Demikian objek wisata yang bisa saya rekomendasikan. Sebenarnya masih ada lebih dari 10 tempat wisata yang bisa kita nikmati selama liburan musim panas, musim dingin, musim semi, maupun musim gugur di kota Melbourne. Tapi itu saja yang bisa saya berikan. Akses dan transportasi pun sangat mudah karena orang-orangnya lebih suka menggunakan angkutan seperti Tram City-Circle, salah satu angkutan yang rekomended untuk ditumpangi. Boleh diakui bahwa Australia memiliki seni budaya yang luar biasa banyak. 

Komentar