Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
Trik Mudah Biar Irit Kouta Internet
No icon

Trik Mudah Biar Irit Kouta Internet

Surabaya, pocimedia.com - Seiring kemajuan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi secara tidak langsung telah menciptakan budaya baru di kalangan masyarakat. Salah satu karakteristik masyarakat masa kini pastilah melek teknologi. Iya, kebutuhan akan internet pun seakan menjadi daftar utama manusia disamping sandang, pangan dan papan. 

Seakan tak ingin ketinggalan, penyedia operator berlomba-lomba menawarkan layanan paket internet yang beragam dan menggiurkan. Harga yang dibanderol dengan fasilitas kuota tertentu pun terbilang kompetitif antar operator. Pagi pengguna smartphone, tentunya harus cerdas menggunakan paket data. Jika tidak, ditakutkan akan memperburuk kondisi kantong kita. Ada beberapa trik yang bisa Kamu pakai agar lebih hemat dalam penggunaan paket internet.

Matikan Fitur Automatic Download

Beberapa aplikasi akan mendownload konten secara otomatis tanpa kamu ketahui. Misalnya aplikasi chating whatsapp yang bisa mendownload gambar secara otomatis. Kalau hanya satu dua gambar sih tidak masalah, namun apabila kamu tergabung dalam sebuah grup chat dimana akan ada banyak gambar yang di share, alangkah baiknya kamu matikan fitur auto download yang ada pada whatsapp. Sehingga tidak semua gambar yang ada langsung terdownload. Cukup download gambar-gambar yang kamu butuhkan / ingin lihat saja. Karena jujur, terkadang tidak semua gambar ingin kita lihat.

Bagaimana sih caranya?

Step untuk mematikan fitur download di whatsapp tidaklah sulit, kamu hanya perlu membuka menu di bawah ini

Settings > Chat Settings > Media auto-download. 

Auto download di whatsapp

Auto download di whatsapp

Pilih no media when using mobile data. Dengan begitu kamu hanya mendownload konten / media yang kamu inginkan saja, sedangkan media yang tidak kamu inginkan tidak akan terdownload secara otomatis. Lumayan kan bisa menghemat banyak kuota, karena gambar / video merupakan pemakan kuota yang cukup besar.

Matikan Auto Update Apps di Google Play

Selain aplikasi chating seperti whatsapp, kamu juga harus mematikan fitur auto-update yang ada di google play. Karena auto update aplikasi ini lebih banyak menghabiskan jatah kuota internet. Karena ukuran untuk sebuah aplikasi bisa lebih dari 10 MB, apalagi game yang terkadang bisa sampai ratusan mega. 

Cara mematikan fitur auto-update apps ini cukup mudah, kamu tinggal buka google play dan ikuti langkah di bawah ini

Settings > Auto-Update Apps > Do not auto-update apps

Auto update apps

Auto update apps

Dengan cara diatas kamu akan menghemat banyak sekali kuota yang biasa habis karena seringkali aplikasi update dengan sendirinya. Namun kami sarankan untuk memilih auto-update apps over Wi-Fi only, dimana aplikasimu akan otomatis update saat kamu terhubung dengan jaringan wifi. Apabila kamu menggunakan paket data, aplikasi tidak akan terupdate secara otomatis.

Nyalakan Paket Data Seperlunya

Mungkin kamu seringkali heran kenapa kok kuota cepat habis padahal kamu tidak melakukan chat, tidak main game dan sebagainya. Hal tersebut bisa jadi karena beberapa aplikasi secara default menggunakan jaringan interet di background, seperti gmail  yang terus menerus melakukan sinkronisasi dengan servernya setiap sekian menit sekali dan masih banyak lagi. Ada baiknya kamu mematikan paketan data jika berniat untuk tidak membuka smartphone dalam waktu cukup lama seperti saat akan tidur malam.

Buat kamu yang sedang dalam perjalanan atau fokus bekerja, bisa pakai trik berikut untuk hematkan data internet nih. 

Gunakan Jaringan Wi-Fi 

Apabila kamu membutuhkan banyak kuota untuk mendownload atau mengerjakan sesuatu yang tidak terlalu penting, ada baiknya kamu memanfaatkan wifi di sekitarmu. Syukur-syukur kalau bisa mendapatkan wifi gratis yang bisa kamu gunakan untuk menghemat kuota internet.

Komentar