No icon

Teknologi Pendeteksi Wajah

Surabaya, pocimdia.com - Teknologi pendeteksi wajah rupanya bakal menjadi tren bagi solusi keamanan khususnya bagi pemilik handphone. Layanan ini menjadi populer ketika salah satu vendor ponsel premium menjadikannya sebagai pintu keamanan bagi perengkat mereka. Ini terbukti dari maraknya ponsel cerdas yang menawarkan teknologi pengenal wajah. 

Salah satu diantaranya adalah Face ID yang dimiliki oleh iPhone X. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka perangkat dengan melakukan pemindaian wajah. Diantara lainnya, Face ID tergolong yang paling banyak menyita perhatian pengguna smart phone. Bahkan, teknologi ini dijadikan sebagai fitur andalan Apple melalui iPhone X yang baru saja dirilis.

Sejak awal kemunculannya, Face ID sengaja dirancang untuk hanya bisa mengenali satu wajah. Pihak Apple menegaskan bahwa fitur Face ID hanya digunakan untuk otentikasi satu pengguna saja. Seperti dikutip dari Ubergizmo (06/12), kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Senior Vice President Software Engineering Apple, Craig Federighi. " sejak awal Face ID hanya digunakan untuk kebutuhan otentikasi tunggal," ungkap Craig.

Menurut penuturannya, Touch ID juga memiliki fungsi serupa. Sehingga, diperlukan dukungan pendaftaran beberapa sidik jari guna memungkinkan pengguna membuka perangkat dengan jari berbeda, bukan untuk otentikasi banyak pengguna. Namun demikian, dirinya tidak menutup kemungkinan akan perkembangan sistem keamanan ini di masa mendatang.

Pihak Apple memberikan jaminan kualitas kemampuan Face Id. Lebih jauh, Craig memberikan beberapa tips keamanan atas penyalahgunaan Face ID oleh pencuri. Pertama, jangan melihat ke arah ponsel ketika pencuri mengarahkannya ke depan wajah, sehingga Face ID tidak akan bekerja. Cara kedua adalah dengan memanfaatkan tombol yang ada di kedua sisi iPhone X. "Jika Anda menekan tombol di kedua sisi ponsel ketika menyerahkan ponsel (kepada pencuri), maka Face ID tidak akan bisa digunakan untuk sementara waktu," jelas Federighi.

Selain itu, Federighi juga menyoroti keunggulan Face ID yang kemungkinan besar akan tetap mengenali wajah pemiliknya meski sedang menggunakan kacamata. "Sebagian besar iya (Face ID bekerja dengan kacamata), tapi mungkin tidak semuanya. Cahaya IR (infra merah) bisa masuk ke sebagian besar kacamata, sehingga Face ID bisa melihat mata Anda, ketika kacamata itu tampak tidak tembus cahaya," ujarnya.

Komentar