No icon

Rawan Meledak, Bandara Soekarno-Hatta Tetapkan Aturan soal Powerbank

Pocimedia.com, Jakarta - Dunia penerbangan internasional beberapa waktu lalu dikejutkan dengan berita meledaknya sebuah powerbank di kabin pesawat China Southern Airline. Kejadian tersebut bisa saja secara tidak langsung menciptakan perasaan was-was kepada calon penumpang. Masyarakat kemungkinan akan berfikir dua sampai tiga kali untuk memutuskan menggunakan transportasi pesawat atau mengganti dengan lainnya.

Meski demikian, bagi sebagian orang mungkin akan tetap memilih menggunakan transportasi udara ini karena dianggap memiliki kelebihan paling banyak. Oleh karenanya, untuk menciptakan kenyamanan bagi penumpang, pengelola bandara harus berupaya memberikan tindakan penjaminan.

Hal ini seperti dilakukan oleh salah satu bandara Internasional di Indonesia, Soekarno-Hatta. Baru-baru ini bandara Soekarno-Hatta telah mengumumkan peraturan bagi penumpang yang membawa powerbank di pesawat.

Dilansir dari Twitter resmi bandara Soekarno-Hatta, (08/03), ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh calon penumpang. Powerbank dengan kapasitas 100 Wh bisa dibawa dan diletakkan dalam bagasi kabin. Namun, untuk powerbank yang memiliki kapasitas antara 100 Wh sampai 160 Wh, penumpang perlu persetujuan dari pihak maskapai.

Nah, buat kalian yang punya powerbank dengan kapasitas di atas 160 Wh, maka sudah dipastikan tidak bisa dibawa masuk. Petugas akan melarang untuk membawa power bank ber kapasitas di atas 160 Wh masuk ke dalam kabin pesawat. Kapasitas 100 Wh jika dikonversi dalam mAh adalah sebesar 27.000 mAh.

Jadi power bank yang bisa dibawa bebas ke dalam kabin adalah yang berkapasitas kurang dari 27.000 mAh dengan voltase 3,6– 3,85 V. Ketetapan ini mungkin tidak akan merisaukan kebanyakan warga Indonesia. Pasalnya, mayoritas powerbank di pasaran hanya berkapasitas 6000 - 10000 mAh.

Komentar