Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
Robot Cantik Erica Didapuk Jadi Penyiar Berita TV
No icon

Robot Cantik Erica Didapuk Jadi Penyiar Berita TV

Pocimedia.com, Surabaya – Perkembangan teknologi robot belakangan banyak menarik perhatian masyarakat dunia. Kekaguman kita pada sebuah robot bukan hanya bentuknya yang hampir menyerupai manusia, namun juga kemampuan bertingkah sebagaimana dilakukan bangsa manusia.

Di Jepang misalnya, robot cantik bernama Erica kabarnya akan berperan sebagai penyiar berita televisi. Berdasarkan laporan terbaru, robot yang menyerupai manusia ini akan mengambil alih salurah televisi di Jepang sebagai pembawa acara pada musim semi tahun ini. Meski demikian, belum diketahui jelas Erica akan tampil di stasiun mana serta seperti apa detail pekerjaannya sebagai pembaca berita.

Hiroshi Ishiguro, pencipta robot Erica sekaligus direktur Intelligent Robotics Laboratory di Osaka University mengatakan, robot ini akan menggunakan kecerdasan buatan untuk membaca berita, disandingkan dengan manusia. “Kami akan mengganti salah satu penyiar dengan android,” ujar Ishiguro dikutip dari laman nationalgeographic.co.id (5/02).

Sejak 2014 lalu, Ishiguro berupaya agar robot kreasinya ini bisa tampil di layar kaca. Menurutnya, Erica adalah robot yang hangat dan perhatian. Ishiguro mendeskripsikannya sebagai robot yang realistis sehingga tampak ‘memiliki jiwa’. Erica juga memiliki ‘kesadaran mandiri’. “Dia adalah android paling mirip dengan manusia dan tercantik di dunia,” kata Ishiguro.

Saat ini, Erica tidak bisa menggerakkan tangan atau kakinya. Namun, robot cantik itu tahu dari mana suara berasal dan dengan siapa dia berbicara. Erica juga bisa melacak manusia ketika mereka memasuki ruangan. Dalam sebuah dokumenter, Erica memperkenalkan dirinya sebagai perempuan berusia 23 tahun yang tinggal di Kyoto dan menganggap Ishiguro sebagai ayahnya. Robot ini juga mengaku bahwa dirinya mirip dengan manusia.

“Erica sangat senang berinteraksi dengan orang lain. Saya pikir, ia tertarik untuk mempelajari apa yang ada di luar sana,” kata Dylan Glass, yang ikut mengembangkan kepribadian Erica selama dua tahun.

Komentar