Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 1

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 1
Google Flights Manjakan Traveller
No icon

Kecanggihan Google Flights Prediksi Delay

Google Flights Manjakan Traveller

Pocimedia.com, Surabaya - Perusahaan mesin pencari raksasa Google selalu totalitas dalam memberikan solusi bagi permasalahan manusia. Kali ini Google ingin memberikan kenyamanan khususnya bagi pecinta travelling yang suka berburu tiket pesawat.

Inovasi yang ditawarkan berupa fitur wisata sederhana bernama Google Flights. Aplikasi ini bisa memberikan peringatan bagi Anda mengenai penundaan jadwal penerbangan. Tingkat akurasi informasi yang diberikannya sangat tinggi, bahkan sebelum pihak maskapai yang menginformasikannya. Layanan Google Flights juga bisa mengecek histori penerbangan untuk melihat apakah perjalanan kita terancam dibatalkan.

“Sepanjang tahun banyak terjadi penundaan penerbangan dan itu membuat para wisatawan stres. Namun jangan khawatir, Google Flights sekarang bisa memprediksi delay tersebut,” kata Anket Mathur, Flights Product Manager di Google, dilansir dari laman nationalgeographic.co.id (3/02).

Google menyisir banyak catatan penerbangan guna mencari pola yang menyebabkan penundaan. Mereka akan menggunakan informasi berdasarkan lokasi, prakiraan cuaca, dan jadwal keterlambatan pesawat di bandara sehingga bisa memprediksi penundaan dengan akurat. Bahkan, kita bisa mengetahui berapa lama dan alasan keterlambaan jadwal penerbangan.

“Agar tidak menyesatkan, Google hanya akan memperingatkan Anda apabila algoritmanya sudah yakin 80% akan terjadi penundaan,” tambahnya.

Google mengatakan, algoritma mereka sangat maju sehingga bisa memprediksi penundaan sebelum informasi dari maskapai tersedia. “Kami tetap merekomendasikan Anda untuk datang ke bandara lebih awal. Namun, kami berharap adanya informasi ini bisa membantu mengelola ekspektasi dan mencegah kejutan yang tidak diinginkan,” papar Mathur.           

Untuk mengakses Google Flights, Anda tinggal mencari penerbangan – melalui nama maskapai atau rute – di Google. Selanjutnya, detail penerbangan akan muncul di sana. Jika tidak muncul, Anda bisa mengklik pilihan “Flights” di bagian atas laman pencarian Google, yang sejajar dengan layanan lain seperti “News” dan “Images”.

Sementara untuk mengetahui jadwal delay, Anda cukup memasukkan nomor penerbangan, nama maskapai, dan rute perjalanan (dari mana ke mana), pada laman mesin pencari Google, sebagaimana dilansir dari TechCrunch (3/02)

Informasi delay akan muncul pada hasil pencarian. Jika jadwal diprediksi tepat waktu, antarmuka menampilkan label berwarna hijau. Sementara jika delay, labelnya menjadi merah.

Alasan penyebab delay juga terakomodasi pada Google Flights. Misalnya, karena hal-hal lumrah seperti cuaca atau kedatangan pesawat yang tak sesuai jadwal. Meski demikian, prediksi bisa saja salah. Google Flights tak bisa dijadikan rujukan satu-satunya hingga maskapai benar-benar mengonfirmasi.

Selain informasi delay, Google Flights juga dilengkapi fitur informasi mendalam soal tiket yang dibeli. Tiket murah biasanya menjadi pilihan para backpacker, tetapi mereka tak tahu banyak soal batasan yang ditetapkan maskapai. Google Flights akan menampilkan batasan-batasan terkait tiket murah yang Anda beli. Misalnya, batasan dalam memilih tempat duduk, biaya tambahan untuk bagasi, dan sebagainya.

Komentar