No icon

Ikan Kecil yang Mencari Kehidupan

Pocimedia.com, Surabaya - Suatu hari seorang ayah dan anaknya sedang duduk sambil berbincang-bincang di tepi sungai. Sang Ayah berkata kepada anaknya, “Lihatlah anakku, air begitu penting dalam kehidupan ini, tanpa air kita semua akan mati.”

Di saat bersamaan, seekor ikan kecil mendengar percakapan itu dari bawah permukaan air. Ikan kecil itu mendadak gelisah dan ingin tahu apakah air itu begitu penting dalam kehidupan ini sebagaimana yang diperbincangkan oleh ayah dan anak tadi.

Ikan kecil itu lalu berenang dari hulu sampai ke hilir sungai sambil bertanya kepada setiap ikan yang ditemuinya, “Hai tahukah kamu dimana tempat air berada? Aku telah mendengar percakapan manusia bahwa tanpa air kehidupan akan mati,”.

Ternyata semua ikan yang telah ditanya tidak mengetahui dimana air itu, ikan kecil itu semakin kebingungan, lalu ia berenang menuju mata air untuk bertemu dengan ikan besar yang sudah berpengalaman. Dia lalu menanyakan pertanyaan yang sama kepada ikan besar itu, “Dimakah air?” tanya ikan kecil.

Ikan besar menjawab dengan bijak, “Tak usah gelisah anakku, air itu telah mengelilingimu, sehingga kamu bahkan tidak menyadari kehadirannya. Memang benar, tanpa air kita semua akan mati.”

Manusia kadang-kadang mengalami situasi sama seperti yang dilakukan ikan kecil. Kita sibuk kesana kemari hanya untuk mencari makna kehidupan dan kebahagiaan. Padahal sadar atau tidak, kita menjalaninya setiap saat. Bahkan kebahagiaan itu senantiasa hadir dalam setiap aktivitas tanpa kita sadari.

Terkadang kesenangan berlebihan membuat kita lalai mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan kepada kita. Padahal, nikmat pertama kali dirasakan saat pagi tiba adalah kita diberikan kesempatan untuk bisa menghirup segarnya udara di sekitar. Lalu Allah berikan nikmat tubuh yang fit untuk melakukan aktivitas seharian. Andaikan saat itu usai bangun tidur, badan kita tiba-tiba kesakitan atau demam, pastilah tidak bisa melakukan apapun. Bahkan untuk menikmati rasa dari masakan pun tak bisa. Tetap nikmati dan syukuri segala hal yang terjadi dalam hidup kita.

Komentar