No icon

Kajian Rutin Bersama KH Cholil Hasin

Lawan Sihir Dengan Amalan Ini

Pocimedia.com, Surabaya – Sihir atau yang dikenal dengan ilmu santet, gendam dan sebagainya, merupakan salah satu perbuatan yang sangat dimurkai Allah SWT. Allah sangat melarang ummatnya untuk mempelajari atau mendatangi tukang sihir. Karena perbuatan sihir itu termasuk sirik, menyekutukan Allah dengan setan.

Islam mengharamkan ummatnya untuk mempelajari ilmu sihir. Ini karena penggunaan ilmu sihir umumnya untuk mencelakakan orang lain, mencerai beraikan pasangan dan lain-lain. Bisa jadi orang yang terkena ilmu sihir akan mengalami sakit luar biasa di bagian tertentu, usahanya bangkrut, timbul konflik keluarga secara berkepanjangan yang berujung pada perceraian, gangguan jiwa dan sebagainya.

Penjelasan mengenai ilmu sihir sebenarnya sudah tertulis di dalam Al Quran. Dalam kajian rutin pagi tadi (29/01) dijelaskan bahwa setan mengenalkan ilmu sihir kepada manusia pada masa Kerajaan Sulaiman.

“Waktu itu setan mempelajari tentang ilmu sihir dari dua malaikat bernama Harut dan Marut,” terang KH. Cholil Hasin di hadapan puluhan staf KMC.

Tokoh agama sekaligus penasihat KMC yang biasa dipanggil Abah Cholil itu melanjutkan bahwa sebenarnya kedua malaikat tidak bermaksud mengajarkan ilmu sihir kepada Sulaiman. Melainkan hanya ingin menguji kualitas keimanan manusia. Allah SWT berfirman:  

Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babilon yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: “Sesungguhnya kami hanya cubaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir,” QS Al Baqarah 102

Untuk menangkal pengaruh buruk akibat ilmu sihir, hendaknya kita senantiasa mengingat Allah dengan cara berzikir, mengerjakan ibadah sholat, membaca Al Quran dan melakukan amalan spiritual lainnya. jika seseorang terkena sihir, hendaknya kita membacakannya ayat-ayat Al Quran, salah satunya surat Al Falaq.

Allah memerintahkan kita untuk banyak membaca surat Al falaq agar terhindar dari segala kejahatan yang mungkin tak nampak. Di dalam kitab tafsir Ibnu Katsir dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah disihir oleh salah seorang perempuan dari Bangsa Yahudi. Dengan izin Allah, nabi terbebas dari pengaruh sihir setelah membaca surat Al Falaq. Para ahli dalam pengobatan ruqyah juga membacakan surat Al falaq terhadap pasien yang terkena gangguan sihir.

Jika kita membaca surat Al Falaq dengan khusyuk dan sungguh-sungguh sambil merenungkan makna di setiap ayatnya, maka kita bisa merasakan getaran energi yang menyertai bacaan tersebut. Dengan izin Allah, kita terlindung dari lima masalah yang terkandung dalam Surat Al Falaq tersebut. Kelima masalah itu diantaranya:

Ada 5 inti masalah yang dikemukakan di dalam surat Al Falaq:

  1. Pernyataan bahwa kita berlindung pada Allah Tuhan yang menguasai waktu subuh
  2. Dari kejahatan sekalian mahluk ciptaannya yang ada dilangit dan bumi yang terlihat maupun tidak terlihat dan yang kita ketahui maupun tidak diketahui
  3. Dari berbagai kejahatan yang datang dimalam hari yang gelap gulita seperti perampokan, pembunuhan, pencurian, kejahatan sihir, tenung, zinah, mabuk mabukan dan lain sebagainya
  4. Dari kejahatan para tukang sihir dan tenung yang melancarkan sihirnya seperti guna-guna, santet, pelet, berbagai penyakit non medis, penutup rezeki, penghalang jodoh dan lain sebagainya
  5. Dari kejahatan orang dengki dan hasud yang melancarkan berbagai fitnah dan mengancam keselamatan diri kita.

Komentar