No icon

LPI Siapkan Atlet dari Kalangan Buruh

Surabaya, pocimedia.com - Sepak bola menjadi salah satu jenis olah raga yang digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Anak kecil, remaja, orang dewasa bahkan orang tua menyukai liga olah raga sepak bola. Bahkan beberapa rumah makan atau sejenis cafe memberikan fasilitas khusus untuk nonton bareng pertandingans bola. Kini cabang olah raga ini tak hanya bisa dimainkan oleh para atlet yang kebanyakan berusia muda. Minggu lalu (17/12) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri membuka Liga Pekerja Indonesia (LPI) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Menaker mengatakan, LPI diharapkan menjadi inspirasi model pelaksanaan perayaan May Day bagi pekerja atau buruh dan masyarakat Indonesia melalui ajang sepak bola. "LPI ini juga bertujuan memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan dan melahirkan atlet sepak bola potensial dari kalangan pekerja atau buruh," kata Hanif.

LPI dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat melalui olahraga khususnya sepak bola. Selain itu, LPI diharapkan memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, kebinekaan, serta meningkatkan ketahanan sosial khususnya bagi pekerja atau buruh.

LPI, lanjut dia, merupakan momentum tepat menyambut May Day tahun 2018 dan menjadikannya sebagai hari menyenangkan bagi semua unsur, baik Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB), pengusaha dan pemerintah. "Sehingga May Day dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijadikan momen kebersamaan bagi para pekerja," katanya.

Hanif berharap LPI digelar secara berkelanjutan agar berdampak pada perubahan wajah peringatan Hari Buruh Internasional di Indonesia melalui berbagai kegiatan yang lebih positif dan memberikan hiburan bagi masyarakat, serta meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia.

"Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan juga mendukung semua kegiatan positif untuk merayakan May Day baik Pra-May Day maupun Post-May Day di seluruh daerah," katanya.

LPI akan digelar di tiap provinsi dan diikuti maksimal 16 tim. Selanjutnya tim juara akan berlaga di delapan zona regional. Tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional, yang selanjutnya ke babak semifinal dan babak final di Jakarta.

Partai final akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2018. Selain mendapatkan piala bergilir Presiden, pemenang LPI juga berhak mengantongi uang pembinaan yang diberikan kepada juara, peringkat 2, 3, dan 4. Penghargaan juga diberikan kepada pemain dengan kategori pencetak gol terbanyak, pemain terbaik, dan kiper terbaik.

Sumber: Antara

Komentar