pocimedia
Kuliner Hits Bandung yang Wajib Dicoba
Friday, 09 Mar 2018 09:42 am
pocimedia

pocimedia

Pocimedia.com, Surabaya - Bandung, sebuah kota yang menjelma sebagai surga, khususnya bagi para pecinta kuliner dan travelling. Iya, banyak jajanan khas yang bisa kita nikmati di kota kreatif ini. Jika Anda berkesempatan berkunjung ke kota Kembang Bandung, pastikan untuk selalu menyempatkan diri menyantap kuliner khasnya. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah. Jajanan hits Bandung bisa kita nikmati di street foot atau deretan jalan utama Kota Bandung. Apa saja jajanan khas Kota Bandung, simak ulasannya berikut dilansir dari majalah Kartini online, (9/3).

Cireng

Bagi warga Surabaya dan sekitarnya, mungkin sudah mengenal jajanan ini. Biasanya cireng banyak dijual di kantin sekolah atau tempat pujasera. Namun di Kota Bandung, cireng mengalami berbagai macam revolusi. Ada cireng bumbu kacang, cireng isi hingga sekarang yang paling hits adalah cireng bumbu rujak. Sesuai namanya, cireng bumbu rujak disantap dengan bumbu rujak manis. Cireng panas yang baru diangkat dari penggorengan, lalu dicocolkan ke bumbu rujak yang punya rasa manis pedas, pasti akan membuatmu ketagihan tak bisa berhenti mengunyahnya.

Seblak Basah

Sama halnya dengan cireng, seblak juga bisa dijumpai di beberapa kota di Indonesia. Makanan ini terbuat dari kerupuk udang mentah yang direbus, lalu ditiriskan dan dimasak dengan bumbu rempah seperti cikur (kencur), bawang putih, garam, gula, dan cabe. Seblak basah ini jadi favorit karena rasa pedasnya yang nendang di lidah bercampur dengan aroma khas dari kencur. Saat ini seblak basah memiliki banyak sekali variasi dan toping. Selain menggunakan bahan utama kerupuk, seblak juga ditambahkan dengan mie, kwetiau, bakso, sosis dan telur. Meski begitu, rasa seblak original juga masih banyak sekali penggemarnya lho!

Charcoal Burger

Jenis makanan satu ini kemungkinan hanya dijumpai di Kota Bandung. Isinya berupa burger dengan lapisan roti (bun) berwarna hitam arang. Charcoal burger yang terlihat hitam arang ini tidak memiliki rasa arang lho, hanya warna roti bunnya saja yang hitam tapi rasanya memang lezat.

Serabi

Makanan dari adonan tepung beras atau terigu ini menjadi salah satu favorit ketika berkunjung ke kota kembang, khususnya yang dimasak dengan tungku dan cetakan dari tanah liat. Awalnya serabi hanya dikenal denga 1 rasa yaitu gula jawa dan sata kelapa. Namun seiring bergantinya tahun, penjual serabi banyak yang memodifikasi dengan bumbu dan isian beragam, diantaranya: oncom, telur, coklat, keju, dan masih banyak lagi.

Kue Cubit

Selain cireng, Bandung juga terkenal dengan kue cubit. Jajanan ini memang sudah karib sejak di bangku sekolah dan sekarang jenisnya makin inovatif dan mengguggah selera. Salah satu yang kesohor adalah kue cubit gree tea. Kue cubit terbuat dari tepung terigu, telur, gula pasir yang diolah mejadi adonan kemudian dimasak dalam cetakan hingga matang atau bertekstur empuk. Namun, banyak juga yang menyukai dalam keadaan setengah matang sehingga ada efek lumer dan lembut di lidah.