Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 1

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 1
pocimedia
pocimedia
Integrasikan Sektor Pariwisata, Medan Bangun Little China dan Little India
Thursday, 22 Feb 2018 03:38 am
pocimedia

pocimedia

Pocimedia.com, Medan – Minggu lalu, (18/2) pemerintah Kota Medan secara resmi membuka peletakan batu pertama pembangunan Kampung Madras. Sebuah kawasan perkampungan India atau dipanggil Little India, di Jalan Zainul Arifin, Kelurahan Madrash, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Kampung Madras yang sering disebut Kampung Keling merupakan sebuah kawasan yang kebanyakan dihuni oleh warga India. Saking banyaknya, Kampung ini juga dijuluki sebagai Litte India Medan. Disana juga diadakan ritual yang menjadi tradisi masyarakat India. Saat berkunjung disana, kita bisa melihat ibu rumah tangga menggunakan sari, sementara orang laki-laki menggunakan sorban khas India, dan anak perempuannya memiliki tanda bulatan merah di antara matanya. Pemandangan yang tentu tidak biasa jika anda merupakan warga Indonesia. Tapi, itulah keunikan Kampung Madras.

source; okezone

Kabar menariknya, selain Little India, Pemerintah Kota Medan juga berencana membangun Perkampungan China atau Little China. Tujuannya untuk mengakomodir kelompok masyarakat etnis Tionghoa yang juga sudah melebur dengan 8 suku asli Sumatera Utara sejak ratusan tahun lalu.

Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin mengatakan, untuk pembangunan Little China, pihaknya sedang berkomunikasi dengan sejumlah kelompok masyarakat etnis Tionghoa terkait lokasi yang akan dijadikan sebagai kawasan yang di sejumlah negara kerap disebut sebagai “China Town” itu.

“Secara prinsip kita sudah setuju. Kita juga sudah menerima sejumlah usulan lokasi yang akan dijadikan Little China ini. Sekarang sedang dikomunikasikan mau di mana dibuatnya. Kita kan harus mendengar dari mereka juga,”ujar Eldin, dilansir dari laman Okezone, (22/2).

Eldin menyatakan, baik Little India maupun Little China, keduanya bakal dijadikan sebagai kawasan pariwisata terintegrasi yang menghadirkan pagelaran kebudayaan, kuliner hingga kerajinan etnis China yang ada di Medan. “Kita harap ini bisa menjadi destinasi wisata baru pariwisata di Medan, sekaligus bisa menjadi lahan berusaha bagi warga kita,” tandasnya.