pocimedia
inilah dia keistimewaan kucing menurut islam Keistimewaan KUCING dalam ISLAM
Friday, 05 Jan 2018 03:19 am
pocimedia

pocimedia

pocimedia.com, Surabaya - Sahabat Pocimedia Pernahkan sahabat menyaksikan  film kartun Tom and Jerry,  di kartun tersebut pasti kita semua sudah mengetahui pemeran utama dari kartun tersebut yaitu siapalagi kalau bukan tikus dan kucing, sahabat pocimedia betapa serunya kita menyaksikan perseteruan diantara keduanya yaitu   Kucing (Tom) dan Tikus (Jerry). Sehari – hari mereka tidak pernah akur sama sekali meskipun mereka tinggal dalam  satu rumah milik tuan mereka.

 Berbeda dari kucing tom yang nakal itu kucing  kali ini sangat berbeda karena kucing ini memiliki kebaikan hati yang bikin orang di dekatnya gembira dan senang siapa kucing  yang  baik hati itu ?

Ternyata kucing yang baik itu adalah  Doraemon  kucing yang berasal dari luar angkasa itu adalah seorang penolong bagi  seorang anak sekolah dasar di jepang bernama nobita, kantung ajaib dan baling – baling terbang mencari ciri khas dari kucing Doraemon saat membantu nobita selalu barang yang dibutuhkan nobita selalu ada di kantung ajaid Doraemon, kisah – kisah kucing dalam kartun itu pastilah hanya rekaan dan imajinasi dari sang pencipta film.

Namun didunia nyata pesana kucing memang telah lama menarik minat para pecinta binatang untuk merawatnya. Hewan satu ini memang sangat menarik mulai dari wajahnya, bulunya dan tingkah lucunya, membuat banyak orang ingin memeliharanya.

Sahabat pocimedia dimanapun anda berada, sepeninggal Nabi Muhammad SAW, tradisi memberikan sebuah penghormatan terhadap kucing ternyata masih terus berlanjut sampai sekarang,  dalam buku kied of the kairo dijelaskan bahwa pada masa dinasti namluk baybors al jawahir salah satu seorang sultan yang menjadi seorang pahlawan pada saat perang salib telah membangun taman – taman khusus untuk kucing, tidak hanya menyediakan taman untuk kucing, melainkan sang sultan juga memberikan makanan kepada kucing tersebut di  dalam taman itu. Dan tradisi ini menjadi salah satu adat istiadat kota – kota besar di negara islam, kita ambil contoh di kota Damaskus, Istanbul hingga Kairo, masih kita jumpai  kucing yang berkeliaran di pojok – pojok masjid tua dengan berbagai makanan yang disediakan oleh penduduk setempat.

Dalam sejarah islam kucing ternyata memiliki sebuah keistimewaan yang luar biasa, baginda Nabi Muhammad SAW, bahwkan pernah berpesan kepada para sahabat – sahabatnya untuk menyayangi seekor kucing. Salah satu kucing yang dimiliki oleh nabi yaitu muzza, karena muzza  selalu mengeong ketika mendengarkan adzan, sang kucing terdengar seolah – olah seperti mengikuti lantunan adzan.

Sahabat Pocimdia, di dalam islam hukuman bagi yang menganiaya atau mempersakiti bahkan sampai membunuhn kucing sangatlah berat, Rasululloh SAW bersabda “Seorang wanita disiksa karena mengurung seekor kucing sampai mati. Kemudian wanita itu masuk neraka karena-nya, yaitu karena ketika mengurungnya, ia tidak memberinya makan dan tidak pula memberinya minum, sebagai mana ia tidak juga melepaskannya, mencari makan dari serangga-serangga tanah” (HR. Muslim). Maka sangat jelas bahwasannya islam sangat melarang memperlakukan kucing dengan buruk, apalagi hingga menyakiti dan menganiayanya.