Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
Surabaya Bakal Panen Buah Serentak Nih
No icon

Surabaya Bakal Panen Buah Serentak Nih

Surabaya, pocimedia.com - Ketika berhenti di lampu stopan yang terletak di jalan Dr.Ir Soekarno,saya melihat seorang lelaki paruh baya memakai tas ransel sedang berteduh di bawah pohon keres. Keres adalah salah satu nama buah yang ukuranya sebesar bola kelereng. Pria itu memetik beberapa buah lalu memakanya. Melihat kejadian itu,spontan saya berfikir kemungkinan orang itu lapar namun tidak memiliki uang lebih untuk membeli makanan di warung sebelahnya. Karena jika tidak,pria itu dia tidak akan memakan buah yang ukuranya sangat kecil untuk sekian kalinya.

Menurut pengamatan saya,hampir di setiap jalan raya di Surabaya banyak ditemui tanaman dan pohon. Baru-baru ini Dinas kebersihan dan pertamanan kota Surabaya menanam sejumlah pohon dan tanaman hias di sepanjang jalan baru Meer – jalan Dr.Ir.Soekarno. Saya berfikir bahwa selain tanaman hias, ada baiknya jika tumbuhan yang ditanam di pinggir-pinggir jalan raya juga diselingi dengan tanaman berbuah. Seperti jeruk, apel, sawo, mangga dan belimbing.

Jika sudah tiba waktunya panen atau berbuah, masyarakat sekitar serta pengguna jalan bisa memakanya secara gratis. Ini juga untuk mengantisipasi pengguna jalan yang merasa lapar ketika berada di jalan raya yang jauh dari warung. Pemerintah dapat membeli pohon buah hasil cangkokan,lalu menanamnya. Sehingga hasil panen mempunyai kualitas tinggi dan bisa panen 2-3 kali dalam setahun. Masyarakat juga tidak kesulitan untuk memetik buahnya,karena biasanya pohon cangkokan ukuranya tidak terlalu tinggi namun buahnya lebat. Selain memberikan kerindangan serta kesejukan di kota Surabaya, masyarakat juga dapat menikmati hasil panennya secara bersama dan tanpa harus membayar. Bahkan peristiwa panen buah ini akan dijadikan moment-moment spesial bagi warga kota Surabaya.

Tulisan ini pernah dimuat di kolom gagasan Surat Kabar Jawa Pos

Komentar