No icon

Romantisnya Berwisata Perahu Kalimas di Malam Hari

Bagi masyarakat perkotaan, hari libur merupakan momen yang biasa digunakan untuk ajang bersantai atau refreshing bersama dengan keluarga, teman, dan saudara. Bagi mereka yang memiliih untuk berekreasi di dalam kota, bisa menikmati wahana yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Ada yang pergi ke taman, ngemall, nonton, dan lain-lain.

Baru-baru ini akun twitter Surabaya Tourism Center @TICSby kembali mempromosikan wahana wisata baru bagi arek-arek Suroboyo. Wisata perahu Kalimas ini bisa dijadikan alternatif liburan bagi mereka yang tertarik dengan air, yaitu dengan menyusuri Sungai Kalimas yang letaknya di tengah-tengah Kota Surabaya.

Untuk menikmati wisata naik perahu, pengunjung harus membeli tiket terlebih dahulu di loket yang sudah disediakan pihak pengelola. Lokasinya ada di area Taman Prestasi atau yang dulu dikenal dengan nama Taman Skate n BMX. Tarif tiket masuk tergolong sangat murah lho rek, yaitu sebesar Rp. 4.000,- saja. Biaya itu sudah termasuk fasilitas life jacket serta ada pemandu yang akan memperkenalkan Kota Surabaya lebih kepada para pengunjung.

Wisata perahu Kalimas dibuka setiap hari mulai hari Sening hingga Minggu. Hanya saja, jam operasionalnya berbeda di hari weekend. Untuk hari Senin sampai Jumat buka mulai pukul 8 pagi hingga jam 15.00. Di hari Sabtu, wisata dibuka mulai jam 08.00 hingga jam satu siang, dan lanjut jam 18.00 hingga 21.00 wib. Sementara minggunya, wisata dibuka satu jam lebih awal yaitu jam 07.00 sampai 12.00 wib, dan dibuka kembali pada pukul 18.00 hingga 21.00 wib.

Rute perjalanan dimulai dari dermaga Taman Prestasi yang berada di Jalan Ketabang Kali, lalu menuju ke arah Taman Ekspresi dan kembali ke Taman Prestasi. Menyusuri sungai Kalimas di malam hari rupanya punya sensasi tersendiri bagi pengunjung. Pemasangan lampu hias di atas Sungai Kalimas semakin mempercantik lanskap Kota Surabaya. Suasana pun berubah menjadi romantis.

Seperti sudah kita ketahui, tahun lalu tepatnya pada bulan Mei 2017, Pemkot Surabaya beserta kampus Institut Teknologi 10 November (ITS), dan Telkomsel, meresmikan perahu wisata bernama Sawunggaling Surya Transport di Taman Prestasi. Perahu itu bukan sembarang perahu. Perahu unik tersebut bertenaga surya. Gunanya untuk menyokong daya seluruh sistem di dalamnya. Ada layar LCD, lampu, serta sensor pendeteksi arus dan suhu sungai untuk kepentingan edukasi.

Sawunggaling Surya Transport bergerak membelah Sungai Kalimas menggunakan kincir berbentuk klasik di bagian lambung samping, dengan mesin traktor berbahan bakar diesel. Daniel Muhammad Rosyid, selaku Dekan Fakultas Teknik Kelautan ITS mengatakan, tujuan pembuatan perahu Sawunggaling Surya Transport, di antaranya untuk menghidupkan kawasan sungai di Surabaya.

"Saya kira memanfaatkan sungai ini (kalimas) sebagai waterfront baru, yang tidak bisa ditemukan di Jogja atau di Bandung, ya. Pertama itu, untuk menghidupkan kembali kawasan sungai di Surabaya," katanya dilansir dari laman suarasurabaya.net, (10/5).

Komentar