No icon

Ruang Terbuka Hijau bagi Tumbuh Kembang Anak

Pocimedia.com, Surabaya – Pada dasarnya, tumbuhan memiliki peran penting bagi manusia, sebagai penghasil oksigen. Selain itu, dengan adanya pepohonan, sinar cahaya matahari tidak langsung mengenai kulit kita.

Tahukah kamu bahwa ruang terbuka hijau faktanya sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Temuan riset menunjukkan bahwa anak-anak yang sering bermain dan tumbuh di lingkungan serba hijau punya perkembangan otak lebih baik. Terutama bagi keaktifan sel otak dan peningkatan memori.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa mereka yang dibesarkan di ruang hijau biasanya cenderung memiliki volume otak yang terisi materi putih dan abu-abu lebih banyak. Hal tersebut sebagai tanda perkembangan kemampuan kognitif dan kecerdasan lainnya pada sang anak.

“Ini adalah studi pertama yang meneliti hal itu dan terbukti paparan ruang hijau berperan banyak dalam perubahan struktur lebih baik pada otak,” kata penulis utama penelitian tersebut, Payam Dadvand dari Instutut Kesehatan Global Barcelona, Spanyol, seperti dikutip dari thehealthsite.com, (5/4).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Health Perspectives ini melibatkan 253 anak sekolah yang telah diamati sejak lahir menggunakan informasi berbasis satelit. Pengamatan anak-anak itu berlangsung beberapa tahun, terutama mengenai perkembangannya saat bersentuhan dengan lingkungan hijau.

Anatomi otak anak yang diteliti itu dipelajari menggunakan resolusi 3 dimensi dan serangkaian pengamatan melalui sistem komputerisasi yang cukup kompleks. Hasilnya, paparan lingkungan hijau berpengaruh volume materi putih dan abu-abu pada otak yang terbukti dengan skor tinggi pada serangkaian tes-tes kognitif yang diberikan pada anak-anak tersebut.

“Ruang hijau akan memberi anak-anak kesehatan psikologis dan peningkatan kreativitas yang lebih baik,” ujar Dadvand.

Komentar