No icon

Warisan Nabi untuk Ibu Hamil

Pocimedia.com, Surabaya – Kurma merupakan salah satu jenis makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Dikisahkan, Muhammad SAW biasa mengkonsumsi 3 biji kurma untuk menu makanannya sehari-hari. Di beberapa negara Islam, campuran kurma dan yogurt menjadi sajian utama buka puasa di Bulan Ramadhan. Buah khas dari daratan Arab itu juga menjadi oleh-oleh utama yang selalu dicari oleh umat Islam seluruh dunia saat Ibadah Haji.

Selain daging buahnya manis, kurma kaya akan kandungan gizi, terutama bagi ibu hamil. Mengapa kurma sangat cocok bagi ibu hamil dan menyusui? Ini penjelasannya!

Penangkal Racun

Kandungan nutrisi dalam kurma terbukti mampu menangkal zat racun yang masuk kedalam tubuh perempuan hamil. Hal ini disebabkan kandungan vitokimia serta kekayaan antioksidan yang terkandung dalam buah kurma. Sehingga menjaga tubuh dari serangan racun dan radikal bebas lainnya.

Memperlancar Proses Persalinan

Mengonsumsi kurma secara teratur akan membantu memperlancar proses persalinan. Kandungan hormon oksitoksin yang terdapat dalam buah kurma  rupanya juga berdampak positif bagi kelancaran menyusui. Selain itu kandungan glukosan dan fruktosa yang bisa memberikan kekuatan bagi ibu hamil saat menjalani proses persalinan.  

Pertumbuhan Tulang bagi Calon Bayi

Kurma mempunyai kandungan kalium cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil. Kalium berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada calon buah hati dalam kandungan.

Mencegah Anemia

Buah kurma untuk mampu mencegah dan mengatasi masalah kekurangan darah atau anemia. Jika saat ibu hamil sering merasakan lemas, pusing, tidak bersemangat, kemungkinan dia sedang terkena anemia. Sehingga perlu bantuan tindakan medis atau memperbanyak asupan kurma. Kandungan zat besi serta vitamin B kompleks dalam daging kurma memantu proses pembentukan sel darah merah.

Meningkatkan kecerdasan Buah Hati

Islam mewajibkan kepada perempuan yang sedang mengandung agar mereka merawat serta menjaga janin di rahimnya. Salah satunya dengan memberikan asupan makanan yang bergizi agar sang bayi terlahir dalam kondisi sehat dan cerdas. Seperti penjabaran sebelumnya bahwa buah kurma kaya akan gizi dan vitamin. Kandungan gizi pada buah kurma sangat cocok dikonsumsi untuk perempuan hamil.

Salah satu sahabat Nabi, Ali bin Abi Thalib berkata, “ Tidak ada makanan dan obat yang dimakan oleh perempuan yang sedang hamil lebih utama dari buah kurma yang segar (rathab),”. ash

Komentar