No icon

Pakai Tips ini Agar Kue Lebaran Awet dan Fresh

Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menyajikan aneka hidangan lezat lengkap beserta parsel untuk menyambut perayaan Idul Fitri. Hampir di setiap rumah selalu tersedia jajanan kue kering untuk menyambut keluarga atau tetangga yang ingin bersilaturrahim. Beberapa kue kering yang sangat populer saat Hari Raya Idul Fitri adalah nastar, kastengel, putri salju, pastel mini, lidah kucing, dan jajanan khas lebaran lainnya.

Sebagian orang memilih untuk membuat sendiri aneka kue kering tersebut. Bahkan, ada yang membuatnya satu hingga dua minggu sebelum lebaran. Nah, agar kue kering yang kita buat nantinya bisa tahan lama alias tetap fresh sampai lebaran tiba, pastikan kita menyimpannya dengan tepat. Selain penyimpanan, beberapa tips di bawah ini juga bisa buat kue kering awet lho! 

Pertama, sebelum menyimpan dalam toples, pastikan kue kering sudah benar-benar dingin. Kue kering yang baru keluar dari oven tentulah kondisinya masih panas, sehingga teksturnya cenderung lembek. Usahakan kita menggunakan toples yang kedap udara untuk menyimpan kue kering.

Ketiga, khusus kue kering yang memiliki tekstur rapuh, sebaiknya gunakan toples yang tidak terlalu tinggi. Tujuannya agar kue kering tidak mudah remuk. Sementara untuk kue kering bertekstur renyah, kita simpan dalam toples kaca agar kerenyahannya tetap terjaga.

Tips berikutnya, pastikan tempat atau toples yang akan digunakan untuk menyimpan kue kering dalam kondisi bersih, kering, dan tidak ada bekas makanan. Kemudian, simpanlah toples yang berisi kue kering tersebut di tempat yang kering dan sejuk. Hindari penyimpanan di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan jauhkan toples dari makanan berbau tajam.

Agar kue tidak saling menempel, kita bisa memberikan lapisan kertas di setiap layer kue kering. Sebelum menyimpan kue kering dalam toples yang kemudian dimasukkan ke dalam kulkas, pastikan sudah tertutup rapat. Hindari menyimpan kue kering dalam kulkas yang muatannya sudah penuh dengan makanan lain. Terakhir, untuk menyerapkelembapan di dalam toples, kita bisa memasukkan silica gel ke dalam toples kue kering.

Komentar