Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
Kue Tetu Khas Warga Kota Palu, Menu Buka Puasa Hari Ini
No icon

Kue Tetu Khas Warga Kota Palu, Menu Buka Puasa Hari Ini

Bagi warga Kota Palu, Sulawesi Tengah, kue tetu atau kue perahu menjadi kuliner yang paling banyak diburu. Kudapan ini biasa disajikan dalam menu buka puasa, bersama dengan kudapan lainnya.

Menurut informasi salah seorang warga Kota Palu, kue turun menurun ini pembuatannya sangat simpel. Rasa manisnya juga tidak berlebihan. Bentuknya unik, menyerupai perahu. Bahan baku utama pembuatan kue antara lain, daun pandan, beras, tepung terigu, santan kelapa, gula merah dan gula putih. Berikut cara pengolahan kue tetu khas palu:

Pertama, siapkan daun pandan besar yang sedang, daunnya tidak terlalu muda ataupun terlalu tua. Tujuannya agar daun mudah dibentuk tidak mudah sobek saat dilipat nanti. Langkahnya, lipat kedua ujung daun pandan, lalu robek ujung daunnya menjadi tiga bagian. Kemudian lipat dan sambungkan kedua ujung robekan tadi ke bagian tengah, lalu klip. Bentuk perahu untuk kue tetu telah jadi. Lebih baik lagi jika perahunya berbentuk persegi panjang.

Kedua, siapkan gula pasir dan gula merah. Sisir atau parut gula merah. Selanjutnya, masukkan parutan gula merah ke dalam perahu pandan. Untuk takarannya sesuai selera, bagi yang tidak suka terlalu manis, bisa mengurangi takaran gula, dan sebaliknya. Keempat, campurkan tepung terigu, garam, dan santan kental di dalam satu wadah. Setelah tercampur rata, saring adonan dan panaskan kukusan sampai air mendidih.

Masukkan pandan perahu kedalam kukusan, lalu tuang adonan terigu ke dalam perahu pandan. Kukus dengan api kecil. Tutup kukusan dengan lap bersih. Kukus sampai matang atau sekitar 7-10 menit. Lalu angkat dan tiriskan.

Jika suka kue tetu dihidangkan dalam keadaan dingin, kue tetu bisa diletakkan kedalam kulkas setelah uap panas kue telah hilang. Kue tetu gula merah dan gula putih pun siap di santap saat berbuka puasa nanti.

Komentar