Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
Menu Buka Puasa Hari Ini: Kolak Pisang Bola-Bola Ketan
No icon

Menu Buka Puasa Hari Ini: Kolak Pisang Bola-Bola Ketan

Siapa tak mengenal kolak pisang. Sajian khas yang sangat populer bagi mayoritas warga di Indonesia ini punya beberapa varian. Ada kolak pisang, kolak durian, kolak biji salak. Kali ini redaksi pocimedia akan membahas tentang kolak pisang bola-bola ketan. Berbeda dengan kolak pada umumnya, kolak pisang bola-bola ketan ini ada tambahan beras ketan hitam.

Seperti diketahui bahwa ketan hitam dapat mencegah beberapa penyakit dan juga membantu menjaga sistem ketahanan tubuh. Sehingga hidangan manis seperti kolak pisang dengan campuran bola bola ketan sangat membantu dalam memulihkan energi kita setelah seharian beraktivitas. Terutama bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Kandungan dalam ketan hitam seperti abtioksidan alami akan membantu melindungi kerusakan dari kandungan zat yang berbahaya.

Pembuatan kolak pisang bola-bola ketan terbilang sederhana, seperti halnya kita membuat kolak pada umumnya. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

2 Buah pisang raja

100 gram singkong rebus

100 gram kacang ijo

Ketan hitam yang sudah dikukus dan dibentuk bulat-bulat

300 ml santan kental

250 gram gula merah

2 sendok makan gula pasir

Garam secukupnya

Vanila secukupnya

Kolang kaling (bahan pelengkap, bisa diganti dengan lainnya seperti parutan jagung manis)

Cara Pembuatan Kolak Pisang Bola Bola Ketan :

Pertama, tuang santan kental kedalam panci, masukan gula jawa beserta gula pasir yang sudah dipersiapkan, tambahkan garam dan vanila secukupnya.

Langkah kedua, masak hingga gula larut dan pastikan anda selalu mengaduk-aduknya agar santan tidak menjadi pecah.

Jika sudah mendidih, masukan singkong yang telah direbus terlebih dahulu, kemudian masukkan juga pisang, tutup panci dan tunggu hingga kuah meresap.

Selanjutnya anda bisa mematikan kompor dan mengangkatnya kemudian hidangkan bersama bahan-bahan lain seprti ketan bola-bola dan jagung manis serta kacang ijo.

Kolak pisang bola-bola ketan siap disajikan bersama keluarga, kerabat, dan teman-teman.

Komentar