Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
5 Ikan yang Wajib Dikonsumsi oleh Bumil
No icon

5 Ikan yang Wajib Dikonsumsi oleh Bumil

Pocimedia.com, Surabaya – Makanan menjadi salah faktor penting dalam kehamilan. Bagi ibu hami (bumil), menjaga asupan makanan sangat berguna bagi tumbuh kembang janin dalam perutnya. Bumil harus lebih selektif dalam memilih makanan. Karena asupan yang masuk ke dalam perut akan berpengaru terhadap kesehatan si jabang bayi.

Salah satu sumber makanan sehat yang dianjurkan bagi bumil yaitu ikan. Kandungan protein dan asam lemak tak jenuh pada ikan sangat efektif untuk membantu tumbuh kembang janin. Lalu apa saja jenis ikan yang baik untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari laman solusisehatku.com, (13/04).

Ikan Teri

Teri termasuk jenis ikan berukuran kecil. Namun tahukah Anda bahwa ikan satu ini punya keistimewaan yang tidak dimiliki oleh jenis ikan lainnya. Kandungan nutrisi ikan teri sangat baik untuk kesehatan , terutama ibu hamil. Ikan teri mengandung zat besi, posfor, vitamin, protein dan beberapa mineral penting lainnya. Kalsium pada ikan teri berguna untuk membantu pembentukan/pertumbuhan tulang dan gigi janin. Disamping itu teri termasuk kategori ikan yang rendah merkuri sehingga aman untuk ibu hamil.

Ikan mas

Ikan mas sangat popular dan banyak dijual di pasaran ataupun di rumah makan. Ikan mas aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena rendah merkuri. Biasanya ikan mas hidup di air bersih dan bebas dari pencemaran limbah. Kandungan gizi ikan mas yaitu protein, lemak baik, vitamin, posfor dan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin.

Ikan lele

Lele adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Kandungan gizi ikan lele ada protein dan lemak baik. Keduanya bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin. lele juga mengandung posfor yang merupakan mineral penting untuk menunjang pembentukan tulang janin. Selain itu, kalium pada ikan lele berfungsi dalam menjaga kesehatan darah dan mengatur irama detak jantung ibu hamil.

Ikan sarden

Kandungan protein ikan sarden sangat tinggi. Ikan jenis ini tergolong rendah merkuri sehingga aman untuk ibu hamil. Ikan sarden biasanya dikemas dalam bentuk kalengan sehingga Anda harus selektif dalam memilihnya. Hindari ikan kalengan dengan kandungan sodium karena bisa membahayakan kehamilan.

Ikan salmon

Salmon merupakan ikan terbaik untuk ibu hamil dan janin. Ikan jenis ini tergolong rendah merkuri dan kaya akan nutrisi. Nutrisi terbaik yang terdapat pada salmon yaitu omega-3 seperti EPA dan DHA. Zat gizi tersebut berguna untuk pertumbuhan neurologis janin. Omega-3 berperan penting dalam mengoptimalkan pembentukan otak dan kecerdasan anak sejak dalam kandungan.

Komentar