No icon

Hilangkan Bau Amis Ikan dengan Bahan Alami

Pocimedia.com, Surabaya - Ikan merupakan menu makanan yang wajib dikonsumsi karena banyaknya kandungan protein. Ikan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan Omega 3 dan mineral yang terdapat pada ikan segar sangat baik untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah dan mendukung tumbuh kembang anak secara maksimal.

Meskipun rasanya lezat dan kaya kandungan gizi, aroma khas yang amis pada ikan seringkali membuat orang menjadi enggan untuk mengonsumsinya. Bahkan bau amis ini menjadi salah satu faktor orang malas membelinya. Bau amis pada ikan sebenarnya dapat diminimalkan dengan menggunakan beberapa bahan-bahan dapur yang sederhana, diantaranya:

Cuci ikan dengan air mengalir

Ini adalah cara paling mudah untuk dipraktikkan. Anda hanya perlu mencuci ikan pada air yang mengalir. Misalnya air keran. Cucilah hingga tekstur daging ikan jadi kesat, tidak berlendir dan aroma amisnya mulai hilang

Rendam ikan dalam air garam dan es batu

Bila anda memiliki waktu yang cukup lama untuk mengolah ikan, anda bisa merendam ikan dalam campuran air garam dan es batu selama 15 menit. Setelah 15 menit, segera bersihkan ikan di air mengalir sebanyak 2-3 kali.

Gunakan irisan jahe, daun jeruk, asam atau cuka

Bau amis pada ikan juga dapat dihilangkan dengan menambahkan irisan jahe, daun jeruk, asam atau cuka. Bumbu-bumbu dapur tersebut beraroma kuat, sehingga bisa menghilangkan aroma amis. Untuk penggunaan cuka, anda bisa membilas ikan yang sudah dilumuri cuka dengan air bersih yang mengalir. Tujuannya agar aroma cuka tidak melekat kuat pada ikan yang akan Anda olah.

Komentar