No icon

Kurangi Stres dan Rasa Takut dengan Alam

Pocimedia.com, Surabaya - Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa masyarakat perkotaan memiliki tingkat stres lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tinggal jauh dari kota. Penemuan ini rasanya sedikit logis. Pada dasarnya kota merupakan tempat dimana perputaran perekonomian berjalan lebih cepat dibandingkan desa. Bukan hanya itu, sebuah kota kemudian dijadikan tumpuan peradaban, kebudayaan dan berkembangnya aspek lain. Kebutuhan ini lalu menjadikan aktivitas masyarakat perkotaan begitu padat. Pagi hari hingga sore mereka harus bekerja. Belum lagi jika mereka berhadapan dengan permasalahan kota seperti macet, banjir, deadline kerja yang tak kunjung selesai, masalah dengan relasi kerja dan sebagainya. 

Untuk mengatasi stres kecil yang selalu hadir di kehidupan sehari-hari, setiap orang tentu memiliki cara berbeda. Ada yang memilih nonton film, hangout bersama teman dekat, ada juga yang memilih untuk melakukan wisata alam ke luar kota. Sebuah fakta unik mengungkapkan bahwa alam bisa menbuat kita merasa lebih bahagia. Ini karena alam bisa merangsang pelepasan senyawa dopamin di otak. Sehingga semakin dekat seseorang dengan lingkungan hijau, maka dia akan mudah terhindar dari stres. Manfaat lainnya adalah mengurangi rasa takut di pusat otak, menurunkan hormon stres, detak jantung normal, dan membuat tubuh lebih rileks.

Tentu saja untuk mendapatkan suasana ketenangan, masyarakat perkotaan tidak perlu berbondong-bondong pindah ke desa. Kita bisa menerapkan beberapa cara praktis namun terasa manfaatnya.

Luangkan waktu untuk menjelajah alam

Sediakan waktu untuk absen sejenak dari kesibukan rutinitas sehari-hari. Gunakan waktu untuk mengunjungi taman nasional, pantai atau hutan. Kita bisa melakukan aktivitas pendakian gunung, berkemah, atau menikmati spa di tempat yang berkonsep alam saat akhir pekan.

Tanaman di dalam rumah

Untuk mendapatkan suasana alam setiap hari, letakkan tanaman di dalam rumah. Atau, kita juga bisa memajang foto dan lukisan pemandangan. Buat tubuh lebih rileks dengan mendengarkan rekaman suara alam sambil melakukan meditasi.

Berkebun

Berkebun juga menjadi salah satu cara untuk mulai dekat dengan alam. Sediakan waktu 20 menit dalam sehari untuk menanam bibit, menyiram, dan merawatnya. Saat panen, kita bisa menikmati hasilnya. Mengonsumsi makanan dari apa yang ditanam sendiri, mendekatkan kita dengan alam. Dengan begitu, kita merasa lebih terhubung.

Kunjungi pasar sayur dan buah

Seminggu sekali, kunjungi pasar tradisional. Di sana, kita bisa mendapatkan sayur dan buah-buahan segar yang bagus untuk kesehatan. Saat fisik berkembang dengan baik, maka mental pun juga ikut sehat.

Pergi ke luar ruangan

Berolahraga, jalan kaki, meditasi, atau sekadar bersantai di taman bisa menenangkan pikiran. Saat ini, kota-kota di berbagai negara sudah mengembangkan tamannya. Membuat kita lebih nyaman menghabiskan waktu di sana. 

Komentar