No icon

Bahaya Tersembunyi Dibalik Kode PET Botol

Surabaya, pocimedia.com – Sadar atau tidak sebagian dari kita pernah melihat tanda segitiga di bagian bawah botol minuman kemasan. Tanda tersebut bukanlah gambar kosong tak berati, melainkan kode yang memiliki spesifikasi kegunaan botol.

Setiap botol yang bertuliskan kode PET atau Polyethylene Terephthalate, direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Artinya, setelah kita membeli dan kemudian menghabiskan isi minuman dalam botol, maka kita tidak boleh menggunakannya lagi.

Botol-botol dengan kode PET ini bisa mengeluarkan zat berbahaya yang bernama bisphenol A (BPA). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dengan kode PET tersebut bila digunakan berkali-kali.

Penelitian Departemen Obstetri dan Ginekologi, All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) menemukan bahwa BPA bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan perkembangan, kekebalan tubuh, meningkatkan tingkat keguguran, kelahiran prematur dan berat lahir rendah.

Selain itu, BPA bertindak sebagai faux-estrogen yang dapat menyebabkan kelainan kromosom, cacat lahir, cacat perkembangan di dalam rahim dan masa kanak-kanak. Hal ini akan semakin parah jika botol tersebut digunakan untuk menyimpan air panas atau hangat. Selain BPA, botol minuman kemasan berkode PET juga mengandung phthalates yang digunakan untuk membuat plastik jadi lentur. Hal ini akan berdampak pada penyakit lainnya seperti kanker lever, menurunkan jumlah sperma, juga masalah reproduksi lain.

Oleh sebab itu, untuk melindungi keluarga, terutama anak dari gangguan penyakit berbahaya, lebih baik memilih bahan yang aman. Seperti botol minum dari Thermos, yang juga memiliki bentuk dan gambar-gambar yang lucu untuk si kecil. ash

Komentar