No icon

Kebal Flu Dikala Musim Hujan

Surabaya - Cuaca buruk nampaknya mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Surabaya. Kadang siang hari panas menyengat, tapi di malam atau sore hari
tiba-tiba mendung gelap disertai hujan deras. Perubahan cuaca dari panas ke hujan terkadang berpengaruh pada kondisi kesehatan. Apalagi, jika badan tidak dalam kondisi fit, maka rentan terkena penyakit ringan. Seperti demam, batuk, diare dan flu.

Penyakit flu atau pilek bisa dibilang langganan di kala musim hujan. Pilek atau yang biasa disebut juga dengan influenza ini merupakan suatu gejala penyakit yang disebabkan oleh virus. Karena penyakit pilek ini disebabkan oleh virus, jadi pertahanan tubuh tidak mempan dengan penyakit ini. Pilek ini merupakan penyakit yang mudah sekali menular melalui udara. Jika kalian dekat jarak dengan orang yang sedang pilek, lalu orang tersebut bersin, jika daya tahan tubuh kalian tidak kebal. Maka kalian akan mudah terkena penyakit pilek tersebut. Bahaya, bukan? Sebenarnya, kalian bisa mengatasi pilek dengan beberapa langkah.

Pertama, Hindari minum es. Perbanyak minum air putih dan air hangat. Silakan Anda coba untuk memperbanyak minum air putih dari biasanya. Hal ini juga untuk memastikan tubuh terhindar dari dehidrasi. Air putih juga bisa menetralkan cairan dalam tubuh. Anda juga bisa hindari minuman yang manis atau bersoda. Selalu ingat 8 gelas dalam sehari minimalnya. Dengan mengonsumsi air putih 8 gelas per hari akan membantu untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kedua, Jika Anda terpaksa harus mandi malam karena bekerja, gunakan air hangat Ini mencegah tubuh menggigil saat mandi. Mengingat cuaca hujan belakangan terjadi terus
menerus, sehingga menyebabkan cuaca menjadi dingin. Mandi dengan air hangat akan membantu Anda semua untuk membersihkan badan dengan sedikit risiko terkena penyakit flu.

Ketiga, Berkumur dengan Air Garam Cara ini ampuh untuk meringankan gejala flu. Tips ini bisa dicoba ketika sudah muncul gejala flu. Menurut Dr. Philip T. Hagen, larutan garam dapat menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan sehingga membuat flu menjadi netral atau setidaknya dapat mengurangi sakit flu.

Empat, Makan Makanan Pedas. Mungkin sebagian orang belum menyadari bahwa cabai mengandung senyawa capsaicin. Senyawa ini sangat baik untuk membersihkan rongga hidung. Setelah makan cabai, hidung yang tersumbat pun akan menjadi plong dan lega. Meski demikian, tidak disarankan bagi anda untuk mengonsumsinya dalam jumlah besar. Karena nanti menyebabkan permasalahan lain.

Terakhir, Jogging (Olahraga) Secara Teratur. Jogging atau olahraga ringan dapat mengatasi timbulnya gejala flu. Berlari secara tidak langsung dapat melancarkan pembuluh darah, sehingga hidung tersumbat pun bisa teratasi.

Komentar