No icon

Hujan Juga Bermanfaat bagi Tubuh

Sejak minggu lalu, sebagian wilayah di Indonesia sudah diguyur hujan. Ini pertanda nampaknya Indonesia akan memasuki musim hujan. Seringkali peralihan musim dari panas ke musim hujan berpengaruh pada kesehatan tubuh.Sehingga, kita perlu menjaga asupan makan, istirahat dan olah raga.

Menurut sebuah penelitian, musim hujan ternyata juga bermanfaat bagi tubuh manusia lho. Dilansir dari Boldsky, Rabu (27/9/2017), hujan memiliki dampak kesehatan bagi tubuh, diantaranya:

Mengisi paru-paru dengan udara yang lebih segar

Sebuah studi menunjukkan bahwa udara saat hujan lebih sehat untuk dihirup. Sebelum turun hujan, udara juga menjadi segar dan bersih. Curah hujan akan menggeser racun di udara bersama debu dan polutan lainnya. Pada sebagian orang juga ada yang menyukai aroma tanah basah karena hujan. Ketika itu muncul, maka hormon endorfin atau hormon kebahagiaan akan muncul dan itu akan memengaruhi mood kita.

Membantu menghidrasi tubuh ketika diminum

Satu studi juga mengatakan bahwa air hujan dapat dikonsumsi. Tapi hanya jika dikumpulkan dalam wadah bersih dari tempat air hujan langsung berasal dari langit tanpa menyentuh permukaan atau lapisan udara yang terpolusi.

Kelembaban udara saat hujan bagus untuk kulit

Kelembaban di udara yang mengikuti cuaca hujan sangat baik untuk kulit Anda. Ketika tingkat kelembaban lebih tinggi, virus tertentu yang ada di udara tidak akan mengancam Anda dan itu juga yang membuat sistem imun semakin kuat menyerang bakteri atau virus penyakit.

Aroma khas air hujan bisa menenangkan diri

Beberapa orang bisa merasa lebih bahagia saat mencium bau hujan. Mengapa demikian? Ilmuwan menyebut aroma khas tersebut sebagai 'petrichor' hujan. Aroma tersebut berasal dari beberapa bahan kimia yang dilepaskan bakteri tanah sesaat hujan mulai turun. Tanaman juga cenderung melepaskan zat tertentu yang menyumbang aroma menenangkan tersebut. Jadi, jangan takut untuk dekat dengan hujan!

Sifat alkali air hujan bermanfaat ketika diserap tubuh

Periset percaya bahwa air hujan bersifat alkali atau basa. Ketika terserap dalam tubuh, sifat alkali ini bisa mendetoksifikasi dan meningkatkan fungsi pencernaan. Air alkali juga bisa menyeimbangkan pH darah, sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh.

Komentar