No icon

Resmi, Buffon Pensiun dari Juventus dan Timnas Italia

Fans Juventus tak akan bisa lagi melihat pemain veteran Gianluigi Buffon. Pasalnya, sang maestro gawang asal Carrara, Italia tersebut telah resmi meninggalkan klub berjuluk Si Nyonya Tua setelah pengabdian panjang selama 17 musim.

Buffon memastikan hal tersebut dalam sebuah konferensi pers di markas Juventus, Stadion Allianz baru-baru ini. Kiper bernomor punggung satu tersebut mengaku bahwa sekarang adalah momen yang tepat untuk meninggalkan Juventus.

“Sabtu (vs Hellas Verona) akan jadi pertandingan terakhir saya bersama Juventus. Saya pikir ini cara terbaik untuk mengakhiri petualangan yang indah. Mengakhirinya dengan dua gelar yang tentunya sangat penting,” ujar Buffon dikutip dari Football Italia.

Meski telah menyatakan meninggalkan Juventus, Buffon masih berkeinginan untuk bermain sepak bola hingga akhir musim ini. Mantan kipper Parma itu mengaku mendapatkan sejumlah tawaran menarik dari Juventus dan beberapa klub lain. Paris Saint-Germain misalnya, secara terang-terangan menawari Buffon kontrak selama dua musim dengan gaji dua kali lipat dari gajinya di Juventus.

“Hingga 15 hari lalu, saya punya keyakinan akan berhenti. Sekarang saya punya sejumlah tawaran dan tantangan menarik, baik di dalam dan luar lapangan. Tawaran paling penting untuk tetap di lapangan datang dari [Presiden Juventus Andrea] Agnelli,” ucap Buffon.

Buffon meninggalkan Juventus dengan merebut sembilan gelar Liga Italia, satu gelar Serie B, empat Coppa Italia, dan Lima Piala Super Italia. Semua itu dirain dalam total penampilan 655 pertandingan di semua kompetisi Bersama Juventus.

“Enamribuseratussebelas hari,” ucap Buffon di Instagram. “Enamribuseratussebelas momen penuh gairah, sukacita, air mata, kekalahan, dan kemenangan.” Lanjut pemilik rekor 974 menit tidak kebobolan di Liga Italia ini

Tak hanya mengakhiri karirnya di Juventus, sang “Maradona penjaga gawang” juga memastikan diri pension dari timnas Italia. Penjaga gawang berusia 40 tahun itu bahkan menolak rencana untuk bermain dalam pertandingan perpisahan Bersama Gli Azzuri yang rencananya akan dihelat pada 4 Juni esok kontra Belanda.

“Italia? Sebuah periode pembentukan dan pembelajaran soal apa artinya berada di luar lapangan, dan di dalam klub, juga berarti mengevaluasi dan memahami apa yang paling menarik bagi saya. Itu akan membantu memutuskan pilihan apa yang harus saya ambil,” buka Buffon dalam konferensi pers perpisahannya di Juve.

“Sebuah kesepakatan yang sulit buat saya dan sesuatu yang sangat ingin saya jauhi, karena saya pikir saya tidak pantas mendapatkannya [kembali dipanggil Italia]. Italia sudah punya sederet kiper hebat dan muda yang membutuhkan pengalaman. Saya tidak akan ada untuk Italia pada 4 Juni esok melawan Belanda,” lanjut Buffon.

Sepanjang kariernya bersama La Nazionale, Gianluigi Buffon mengoleksi 176 caps dengan berpartisipasi di empat Euro dan lima Piala Dunia. Satu gelar dipersembahkannya, yakni Piala Dunia 2006.

Komentar