No icon

Kampus Pencetak Pemimpin AS

Kesuksesan alumni menjadi salah satu indikator prestisius sebuah perguruan tinggi. Terlebih, jika lulusannya berhasil menduduki jabatan tinggi hingga menjadi seorang pemimpin negara. Dikenal sebagai kampus berkelas dunia, ternyata deretan kampus berikut berhasil membawa lebih dari satu lulusannya untuk menjadi presiden Amerika Serikat (AS).
Pertama, Harvard University. Nama perguruan tinggi ini seolah sudah menggema di penjuru dunia. Kualitas lulusan Universitas Harvard umumnya menduduki posisi penting. Salah satunya jabatan bergengsi sebagai pemimpin AS. Setidaknya, ada delapan nama Presiden AS pernah kuliah di sini. Kampus ini menjadi yang paling banyak mencetak Presiden AS dibandingkan enam kampus lainnya, baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana.
Adapun delapan alumni yang akhirnya menjadi presiden AS, yakni John Adams, Rutherford B Hayes (Law School), Theodore Roosevelt, Franklin D. Roosevelt, John F Kennedy, George W Bush (Business School), dan Barack Obama (Law School)
Kedua, Yale University. Ada lima Presiden AS yang memilih Yale University untuk menempuh studinya. Mereka adalah William Howard Taft, Gerald Ford, George Bush, Bill Clinton, dan George W. Bush.
Ketiga, College of William & Mary Meski namanya tak setenar Harvard, Yale, dan Columbia, kampus ini berhasil membawa tiga alumninya untuk jadi pria nomor satu di AS.
Ketiga lulusan tersebut, meliputi Thomas Jefferson, James Monroe, dan John Tyler.

Keempat, Columbia University. Sama seperti College of William & Mary, terdapat tiga presiden AS terdahulu yang menempuh studi si Columbia University. Yang terbaru, yakni Presiden AS ke-44, Barack Obama. Sedangkan dua orang lainnya, yaitu Theodore Roosevelt (Law School) dan Franklin D Roosevelt (Law School).
Kelima, United States Military Academy. Dua lulusan yang akhirnya menjadi Presiden AS, yakni Ulysses S. Grant dan Dwight Eisenhower.
Keenam, Princeton University Menjadi salah satu kampus Ivy League, Princeton University berhasil menempatkan dua alumninya sebagai Presiden AS. Mereka adalah James Madison dan Woodrow Wilson
Terakhir, Union College Presiden AS yang pernah kuliah di Union College, yaitu Chester Arthur dan Jimmy Carter.ash

Komentar