No icon

Trik Liburan Murah ke Luar Negeri Bersama Anak-anak

       Segala hal yang menyenangkan itu nggak harus serba mahal. Kalau kita jeli dan tahu triknya, bisa kok, Bun, liburan ke luar negeri bareng si kecil.
Liburan ke luar negeri kalau buat saya sih bukan buat gaya-gayaan ya. Saya melihatnya lebih ke sudut pandang melihat tempat berbeda sambil belajar hal baru. Soalnya di luar negeri anak bisa belajar bahasa internasional, melihat budaya dunia, bertemu orang baru yang berbeda kewarganegaraan, dan sebagainya.
Nggak perlu jauh-jauh sih ke luar negerinya kalau ingin memberikan pengalaman baru buat si kecil. Kita bisa memilih negara-negara yang dekat dengan negara kita lebih dahulu. 
Hmm, terus gimana ya biar bisa Liburan murah ke luar negeri bareng anak-anak? Nggak usah bingung,saya sudah merangkum berbagai triknya, siapa tahu bisa dipraktikkan.
1. Cari Teman yang Bisa Diajak Share
     Kalau berencana liburan ke luar negeri tanpa menggunakan paket tour, ada baiknya kita mengajak keluarga lain nih. Soalnya keluarga lain ini bisa kita ajak untuk berbagi         biaya penginapan. Hotel biasanya kan mahal tuh, jadi mungkin kita bisa mempertimbangkan untuk menginap di apartemen, rumah sewaan, atau villa.
    Di situ kita bisa masak sendiri juga, jadi seenggaknya bisa meminimalkan biaya untuk keperluan makan. Nggak cuma itu, kita juga bisa berbagi tugas menjaga anak saat ingin melakukan kegiatan tertentu. Misalnya nih, kita mau naik wahana ekstrem di suatu tempat main, nggak mungkin dong, kita ajak serta si kecil yang baru berusia 2 tahun. Nah, keberadaan teman bisa saling membantu menjaga si kecil.
2. Manfaatkan Apps, Nggak Perlu Beli Buku Panduan Wisata
       Biasanya kalau pergi ke tempat baru, kita sering membeli buku panduan wisata untuk jalan-jalan. Seringkali harganya cukup mahal, sekitar Rp 250 ribu untuk yang baru dan Rp 100 ribu-an untuk yang bekas.
  Sebelum beli buku panduan, kenapa nggak coba kita cari panduan wisata melalui aplikasi di smartphone kita? Tinggal download, jadi deh. Lumayan Rp 100-250 ribu bisa digunakan untuk hal yang lain.
   "Keluarga dan anak-anak harus memanfaatkan aplikasi perjalanan gratis atau murah. Banyak yang menawarkan tips tentang hiburan, atraksi, makanan dan banyak lagi"
3. Hidup Seperti Orang-orang Setempat
     Suatu kali saya pernah ke Ho Chi Minh di Vietnam. Dasarnya saya hobi jalan, saya pun menjelajah jalan kecil di dekat penginapan. Ternyata jalan itu membawa saya ke pasar. Di sana saya bisa sarapan dengan harga cukup murah. Saya membeli kue-kue tradisional khas daerah tersebut. Bila dibandingkan keluarga lain yang beli kue-kue di toko kue sepanjang jalan utama, saya bisa menghemat lebih banyak, he he.
    Apalagi kalau kita bisa memasak di apartemen atau rumah yang kita sewa. Kita bisa lebih menghemat pengeluaran.
Ada yang bilang, kalau liburan harusnya kita enak-enakan aja, nggak usah terlalu 'menderita'. Tapi kalau buat saya ada banyak hal yang kita lihat lho saat menjelajah pasar tradisionalnya dan melakukan hal-hal yang dilakukan penduduk setempat.
  Pernah juga nih, saya dan keluarga duduk-duduk di taman dan memperhatikan penduduk sekitar yang membeli es krim di gerobak dorong. Saya perhatikan berapa uang yang dibayarkan, lalu ikut mengantre dan sedikit bertanya pada penduduk lokal tersebut soal es krim dan harganya.
       "Dengan tidak sengaja sebenarnya anda sudah mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam secara budaya," kata Wendy Perrin, seorang travel advocate, dikutip dari Today.
4. Melakukan Kegiatan Gratisan Tapi Menyenangkan
        Nggak harus keluar uang banyak untuk menikmati liburan di negara lain. Kita bisa memanfaatkan tempat-tempat yang gratisan untuk bersenang-senang bersama anak-anak.
Ketika sampai di tempat tujuan, Anda sebenarnya tidak perlu mengeluarkan banyak uang. "Kami tidak menghabiskan banyak uang untuk berwisata. ada banyak hal gratis yang bisa dilakukan, seperti ke beberapa museum dan festival di luar ruangan," ujar Cliff Hsia, seorang penulis yang sering melakukan liburan hemat ke luar negeri bersama istri dan anak-anaknya.
     Cliff mencontohkan sebagian besar museum di London gratis, banyak museum di Paris juga gratis untuk anak-anak. Beberapa museum bahkan memiliki panduan dan kegiatan audio gratis untuk anak-anak.
5. Cari Tiket Pesawat Murah
      Yang paling penting kita pikirkan saat akan liburan, adalah tiket pesawatnya. Kalau harga tiket pesawat pulang perginya sudah dianggap mahal, rasanya jadi males buat melanjutkan niat berwisata.
  Promo tiket pesawat murah sering banget didapat di ajang travel fair. Kebetulan nih, Bun, sekarang lagi ada Mega Travel Fair. Untuk 21-24 September 2017 ini sedang digelar di Hartono Mall Yogyakarta. 
    Harga tiket pesawat PP yang ditawarkan antara lain:
1. Singapura keberangkatan dari Yogya mulai dari Rp 1,8 jutaan PP nett
2. Hongkong keberangkatan dari Jakarta mulai dari Rp 2,5 jutaan PP nett
3. Jepang keberangkatan dari Jakarta mulai dari Rp 4 jutaan PP nett
4. Eropa keberangkatan dari Jakarta mulai dari Rp 8,7 jutaan PP nett.
         Ada juga paket tour, misalnya nih ke Koea selama 5 hari dengan keberangkatan dari Jakarta, dengan harga mulai dari Rp 5,69 jutaan nett. Atau mau ke Eropa Barat? Ada paket tour 7 hari, keberangkatan dari Jakarta, dengan harga mulai dari Rp 15,99 jutaan PP nett.
Mega Travel Fair juga memberikan diskon hingga 65 persen + 10 persen + 10 persen untuk pembelian paket cruise. Ada juga cicilan 0 persen untuk pembelian paket tour.
      Setelah Yogyakarta, Mega Travel Fair berikutnya juga akan diadakan di Gandaria City Jakarta dan Trans Studio Mall Bandung (28 September sampai 1 Oktober 2017), Trans Studio Mall Makassar (5 sampai 8 Oktober 2017), di Paragon City Mall Semarang (12 sampai 15 Oktober 2017), serta di Galaxy City Surabaya (19 sampai 22 Oktober 2017).

Komentar