No icon

Ritual Kungkum untuk Perawatan Kulit

Tahukah Anda, perempuan Indonesia punya ritual khusus perawatan kulit lho. Perempuan dari kalangan bangsawan umumnya melakukan kebiasaan kungkum atau berendam untuk meruwat kecantikan tubuhnya secara alami.

Kebiasaan kungkum ini masih tetap dilakukan oleh perempuan masa kini. Apalagi bagi perempuan karir yang punya kesibukan padat seharian, pasti butuh berendam di air hangat untuk mendapatkan relaksasi. Berendam selama 15 hingga 20 menit ternyata memiliki manfaat, khususnya bagi kecantikan dan kesegaran kulit. Berendam tidak hanya menggunakan air hangat lho, ada beberapa pilihan lain:

Berendam dengan Air Bunga

Berendam dengan air bunga atau kungkum air bunga punya banyak manfaatnya. Dilansir dari laman www.puteriputeri.com, (23/4), menyarankan agar kita menggunakan bunga mawar, melati atau kenanga, untuk berendam. Khusus untuk bunga mawar dan melati, kombinasi dari keduanya bermanfaat pada kecantikan alamiah Anda. Berendam dalam campuran air bunga mawar dan melati juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Karena keduanya memiliki sifat penyembuhan alami yang bermanfaat bagi masalah kulit. Sifat anti bakteri dan antiseptik dari kedua bunga tersebut sangat cocok digunakan dalam perawatan kulit.

Manfaat lainnya adalah mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah, mengurangi peradangan kulit, memiliki efek pendinginan dan menenangkan pada kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, melembabkan dan menghaluskan kulit, mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat karena memiliki sifat toning, serta membantu menyembuhkan depresi dengan cara menenangkan dan membuat pikiran menjadi santai.

Berendam dengan Air Teh

Tahukah Anda bahwa mandi dengan air teh punya banyak manfaat untuk kulit dan tubuh ? Selain menyehatkan, teh juga bisa meremajakan kulit. Ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk berendam dengan air teh:

Pertama, rebus 100 gram teh melati dengan 2 liter air. Biarkan hingga warna air teh menjadi coklat gelap. Kemudian campurkan dengan air dingin hingga nyaman dipakai untuk berendam. Setidaknya berendamlah sekitar 20 menit sambil menggosok-gosokkan teh ke kulit agar lapisan kulit mati bisa terangkat.

Tips kedua, langsung dengan kantung teh di bath tub. Letakkan dua atau empat kantung teh organik langsung di keran bath tub. Nyalakan keran air panas dan dingin agar air mandi menjadi hangat.

Ketiga, menggunakan daun teh hijau. Pilih daun teh hijau yang masih segar, taruh dalam rendaman air bathtub hangat suam-suam kuku. Pakailah untuk berendam selama paling lama 20 menit.

Tips keempat, mandi dengan produk khusus bathtub tea. Di pasaran sudah dijual produk khusus bath tub tea. Tuangkan saja bahan ini ke dalam bath tub air hangat, dan tunggu agar tercampur dengan sempurna. Selanjutnya pakailah air rendaman bath tub tea ini untuk kungkum atau rendaman pada air mandi anda. Kungkum paling lama 20 menit.

Berendam dengan Bath Salt

Saat berendam di air hangat, kita bisa menambahkan bath salt atau garam mandi. Garam mandi manfaat yang membantu proses relaksasi dan mengembalikan kebugaran tubuh. Selain itu, garam mandi ini juga bermanfaat sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Butiran garam alami ini sekaligus bertindak sebagai exfoliator alami, karena garam mandi mengandung silika pasir, anti bakteri, dan bersifat organik.

Bath salt dapat dilarutkan ke dalam campuran air hangat yang digunakan untuk berendam. Garam mandi juga memiliki sifat yang kering dan dapat menyerap kelebihan produksi minyak pada kulit tubuh. Garam mandi juga bermanfaat untuk pencegahan munculnya jerawat pada bagian-bagian tertentu di kulit tubuh, misalnya saja jerawat punggung.

Kandungan mineral pada garam yang tinggi mampu menutrisi kulit dari dalam. Mineral ini dapat diserap langsung oleh kulit tubuh dengan baik. Maka dengan kandungan mineral alamiah air garam akan menghaluskan kulit Garam mandi atau bath salt juga dapat membantu meringankan alergi dan infeksi ringan pada kulit. Selain itu, berendam seperti ini mampu menghilangkan rasa sakit dan otot-otot yang tegang jadi relaks setelah bekerja seharian.

Komentar