No icon

Arab Saudi Raih Rekor Terbaik Dunia Bidang Industri Desalinasi

Pocimedia.com, Saudi – Kerajaan Saudi rupanya patut berbangga. Pasalnya, Guinness Book of Records mengakui perusahaan desalinasi Saudi (SWCC) berfasilitas desalinasi air laut terbesar di dunia. Total produksinya mencapai 5 juta meter kubik per hari.

Informasi dari Saudi Press Agency (SPA), Menteri Air dan Listrik beserta Petinggi SWCC Abdulrahman Al-Fadli menerima sertifikat Guinness World Records di Al Khobar beberapa waktu lalu. Ini berdekatan dengan jadwal pertemuan ke-118 dewan direksi SWCC yang diadakan di Al-Khobar.

Dalam pertemuan kali itu Hadir pula Gubernur SWCC, Ali Bin Abdulrahman Al-Hazmi dan anggota dewan direksi lainnya. Al-Fadli mengucapkan selamat kepada personil SWCC dengan peningkatan produksi desalinasi air yang mencapai 5 juta meter kubik per hari.

Menurutnya, prestasi ini akan mendukung posisi Kerajaan Saudi di seluruh dunia dalam bidangpengembangan industri desalinasi. Hal ini juga mencerminkan kesungguhan pemerintah untuk menyediakan sarana kehidupan yang nyaman bagi penduduk dan pengunjung Kerajaan. Dia memuji peran utama SWCC dalam menjamin ketersediaan air sebagai struktur dasar pembangunan, yang merupakan salah satu Visi 2030.

Pertemuan tersebut juga membahas usaha yang dilakukan oleh lembaga penelitian dan program penelitiannya untuk meningkatkan efisiensi pabrik desalinasi yang berfungsi dan menciptakan teknologi ekonomi baru untuk mendukung industri desalinasi. Dewan diberi penjelasan singkat tentang inisiatif dan pekerjaan sektor operasi dan pemeliharaan. Al-Fadli memuji peran SWCC dalam melayani para Tamu Allah dan kontribusinya dalam pencapaian rekor produksi.

Seperti pada pemberitaan berikutnya, total pembangunan instalasi desalinasi di pantai Laut Merah diprediksi menghabiskan dana 2 miliar riyal (Rp 7,1 triliun). Sejak 2016 lalu, negara penghasil minyak terbesar dunia itu sudah merencanakan penggunaan kemitraan pemerintah-swasta (PPP) dengan perusahaan lokal dan asing guna mendanai proyek infrastruktur. Saudi juga sudah menyatakan akan membangun sejumlah resort di sekitar 50 pulau di Laut Merah. Rencananya pembangunan proyek resort dituntaskan pada triwulan keempat Tahun 2022.

Komentar