No icon

Tangerang Hadirkan Minimarket Berkonsep Syariah

Koperasi Benteng 551, Spirit Kebangkitan Ekonomi Umat

Pocimedia.com, Tangerang - Pada pemberitaan edisi Minggu lalu, Provinsi Banten umumkan rencana pengembangan kawasan industri halal, maka Kota Tangerang pun siap menghadirkan minimarket berbasis syariah. Kemarin (9/2), Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meresmikan 212 mart di Kota Tangerang. Melalui koperasi benteng 551 yang bermitra langsung dengan koperasi 212 pusat, keberadaan ekonomi syariah di Tangerang mulai memberikan kontribusinya pada perekonomian wilayah tersebut.

Saat ini total minimarket berbasis syariah di Tangerang ada tiga outlet. Outlet pertama ada di Kecamatan Larangan, kedua di Kecamatan Cipondoh, dan ketiga di Kecamatan Tangerang. Kedepan, pemerintah berencana membangun 13 minimarket yang tersebar di 13 Kecamatan di Kota Tangerang.

"Dengan semangat kebersamaan dan terus menjaga ukhuwah islamiah, Alhamdulillah Kota Tangerang sudah memiliki 3 outlet mini market berbasis syariah," ujar Arief, dilansir dari laman republika online (9/2).

Arief berharap, dengan hadirnya minimarket 212 dapat menambah fasilitas pemenuhan kebutuhan harian warga sekitar. Dirinya berpesan agar anggota koperasi Benteng 551 dapat berkontribusi secara aktif pada program-program yang direncanakan Pemkot terkait ekonomi syariah di Kota Tangerang. Tak ketinggalan, Arief juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pengurus dan anggota koperasi. Keberadaan mereka secara tidak langsung memberikan manfaat bagi warga, terutama dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan baru.

Ketua umum koperasi Benteng 551 H Tabrani mengatakan, selain aktifitas sosial dan dakwah, dalam rangka kebangkitan ekonomi umat, Tabrani dan rekan-rekannya sepakat untuk mendirikan koperasi Benteng 551. "Koperasi ini dari kita, oleh kita, untuk masyarakat," kata dia.

Keberadaan minimarket berbasis syariah sebenarnya sudah menyebar ke kota lain sejak Tahun lalu. Di Surabaya, sejak Koperasi Pondok Pesantren Hidayatullah mendirikan Sakinah Mini Market yang sudah memiliki outlet hingga keluar kota. Tahun lalu, juga berdiri gerai 212Mart yang tersebar di beberapa lokasi di Surabaya.

Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 (KS 212) Surabaya, Eko Yudi Setiawan menyampaikan bahwa pendirian 212Mart ini terinspirasi dari aksi damai 212 di Monas Jakarta Tahun 2016 lalu. Bersama dengan kawan-kawan seperjuangannya, Eko berharap bahwa spirit aksi 2016 lalu tidak kandas tetapi terus bangkit dengan gerakan ekonomi umat. ”Secara umum kita harus tingkatkan ekonomi makro Indonesia, tapi mulai dari gerakan ekonomi mikro dulu, wujudnya ya 212 Mart ini perjuangan kita secara berjamaah,” ungkapnya dikutip dari laman koperasisyariah212.co.id (10/2).ash

Komentar