No icon

Cara Berpikir Pengusaha Muslim Sukses

Pocimedia.com – Salah satu dalil menyebutkan bahwa 9 dari 10 pintu rezeki ada di perniagaan. Artinya bahwa sumber datangnya rezeki paling besar ada dalam sektor perdagangan atau bisnis. Mengacu pada dalil itu, Umat Islam seharusnya termotivasi untuk berbisnis. Disamping tentu ada dalil-dalil lain yang secara jelas menerangkan keutamaan bisnis.

Sejarah peradaban Islam membuktikan bahwa ulama terdahulu bukan hanya berkualitas dari sisi spiritual tauhidnya. Mereka juga dikenal sebagai saudagar yang kaya raya. Nabi Muhammad SAW sendiri merupakan sosok pengusaha Muslim yang sukses. Muhammad SAW memulai berdagang sejak berumur belasan tahun. Bahkan, Bangsa Quraisy saat itu sangat menyukai Muhammad SAW atas kejujurannya sebagai pedagang.

Sayangnya, di Indonesia saat ini belum banyak masyarakat yang terjun ke dunia bisnis. Kebanyakan masih berprofesi sebagai staf atau karyawan di perusahaan bonafit, sisanya bekerja sebagai pekerja kasar, bahkan tak jarang ada yang terpaksa harus bekerja di luar negeri sebagai TKI. Faktanya konglomerasi bisnis di Indonesia masih dikuasai oleh segelintir orang yang jumlahnya tidak mencapai puluhan. Bahkan sebagian dimiliki oleh asing.

Beberapa diantara kita mungkin masih mengalami kesulitan ketika harus memulai berbisnis. Jika itu benar terjadi, rasanya Anda perlu berdiskusi dengan pelaku bisnis atau pengusaha. Hal pertama yang bisa ditanyakan adalah mencari peluang bisnis, estimasi biaya dan langkah untuk menjalankan bisnisnya.  

Terkadang kendala bagi pebisnis pemula ada di mindset. Ada yang bilang ‘Bisnis itu tergantung bakat’. Jika demikian, maka pikiran kita akan dibayangi dengan satu pertanyaan ‘Bagaimana jika’ ini itu dan seterusnya. Alasan lain yang muncul seperti  “Tidak ada jalan dengan waktu dan sumber yang saya miliki untuk melakukannya.” Kedua pertanyaan diatas sebenarnya ciri pemikiran yang membuat orang terjebak dalam kehidupannya.

Pikiran Pengusaha Sukses

Pengusaha sukses, berapa pun skala bisnisnya, cenderung memiliki mind set positif. Mereka sekali-kali tidak memikirkan kegagalan atau membiarkan ketakutan menguasai hati dan pikirannya. Dengan kata lain, pengusaha sukses adalah orang yang senantiasa memiliki pikiran optimis dalam memandang segala sesuatu. Sekalipun dalam kondisi terjepit, mereka selalu berhasil menjadikannya pelajaran bahkan peluang bisnis baru. Apa saja ciri pandangan atau mind set yang dimiliki orang sukses?

Berpikir ‘How to’. Orang gagal mencari alasan tidak dapat melakukan sesuatu. Sementara orang optimis berpikir cara atau strategi untuk melakukannya. Kedua, orang gagal hanya fokus melihat hambatan. Mereka menyalahkan keadaan dan menyerah pada ketakutannya. Ketiga, konsekuensi ketidaknyamanan. Pengusaha sukses paham bahwa untuk menjadi sukses akan ada rintangan yang mungkin mempengaruhi kenyamanan.

Namun mereka melihat halangan tersebut sebagai tantangan. Mereka sibuk melakukan perhitungan yang rumit dan bagaimana supaya berhasil. Mereka menyadari bahwa tantangan akan selalu ada. Namun, pengusaha sukses juga tahu bahwa ketabahan, kegigihan, dan keinginan untuk sukses mendorong mereka untuk melalui apapun yang ada didepannya.

Pengusaha sukses melakukan hal-hal yang membuatnya tidak nyaman. Itu sebabnya telapak tangan mereka berkeringat, karena mereka tahu penghargaan yang pantas diterimanya atas resiko apapun yang diambilnya.

Jadi, jika ada peluang mengetuk pintu anda, buka lebar-lebar. Sambutlah. Perlakukan seperti teman baik anda. Sadari banyaknya tantangan, seperti banyaknya penghargaan yang layak diterima. Percaya dengan diri dan kemampuan anda untuk mengatasi rintangan. Bayangkan bagaimana membuat diri anda kedalam kisah sukses selanjutnya bukan mengapa anda tidak menjadi kisah sukses berikutnya. ash

Komentar