Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
Kalah dari China, Pemerintah Indonesia Bakal Genjot Sektor Riil Halal
No icon

Kalah dari China, Pemerintah Indonesia Bakal Genjot Sektor Riil Halal

Pocimedia.com, Surabaya – Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam. Sehingga Indonesia punya potensi besar dalam sektor ekonomi syariah. Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Bambang menekankan pentingnya Indonesia meningkatkan sektor riil syariah. Menurutnya, Indonesia saat ini lebih berperan sebagai pasar produk halal. Sayangnya, fakta terbaru menunjukkan bahwa negara pengekspor busana Muslim terbesar di dunia diraih oleh China.

“Eksportir busana muslim terbesar dunia adalah China. Indonesia tidak masuk 5 besar, tentunya ini menjadi perhatian,” kata Bambang seperti dilansir dari laman dakta.com (8/02).

Menurut Bambang, Indonesia seharusnya dapat mendorong eskpor di sektor produk halal. Melalui dirinya, pemerintah Indonesia ingin berkiprah lebih dalam pasar tersebut, sehingga mempengaruhi peningkatan nilai ekspor. Sementara ini Sektor wisata syariah Indonesia mnduduki peringkat keempat. Semantara lainnya seperti kosmetik, masih tertinggal.

Oleh karenanya, untuk mengejar ketertinggalan ini, pemerintah segera merumuskan peta pengembangan sektor riil industri manufaktur halal. Untuk memacu industri halal, pemerintah juga akan segera membahas  aturan lanjutan UU tentang Jaminan Produk Halal. "Tapi tetap memberikan kepastian di bidang usaha, tidak memberatkan mereka di operasional," kata dia.

Lebih lanjut, Bambang menilai perlu adanya bank syariah dengan skala yang besar. Sebab, bank syariah yang ada saat ini masih berskala kecil. "Kita berupaya akan adanya bank syariah yang besar yang basis utamanya dari BUMN," imbuhnya dilansir dari laman republika online (8/02).

Komentar