No icon

Pabrik Mercon di Tangerang Hangus Terbakar

Kebakaran Gudang Mercon Tewaskan Puluhan Pekerja

Tangerang, pocimedia.com – Kamis (26/10) kemarin, warga Kompleks Pergudangan 99 Jalan Salembaran Jaya, Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, secara mendadak dikagetkan dengan tragedi ledakan. Suara ledakan itu tiba-tiba diiringi dengan kepulan asap menghitam. Dengan cepat bangunan pabrik dilalap si jago merah.

Gudang yang terbakar itu tidak lain merupakan pabrik yang memproduksi kembang api atau mercon. Tidak heran saat di tempat kejadian, petugas menemukan tumpukan bahan peledak berdaya ringan. Sayangnya, saat kejadian, pemilik pabrik Indra Liyono (40 tahun) sedang berada di Malaysia.

Petugas pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan untuk memasuki area. Ini karena pintu gerbangnya terkunci. Hingga akhirnya mereka masuk dan berhasil memadamkan kobaran api setelah empat jam. Di bagian belakang, petugas menemukan tumpukan mayat dalam kondisi mengenaskan.

"Korban ada di dalam bertumpuk, ada produksi, pintu gerbang dikunci, tidak ada akses keluar," kata Komandan Petugas Pemadam Kebakaran Tangerang, Darda Khadafi,

Peristiwa naas yang terjadi sekitar pukul 09.00 pagi itu menewaskan puluhan korban. Setidaknya ditemukan 47 orang tewas dan 46 orang lainnya mengalami luka-luka akibat peristiwa itu. Para korban tewas langsung dibawa ke RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur guna dilakukan proses identifikasi. Sementara korban selamat dilarikan ke RS BUN, RSUD Tangerang dan RS Mitra Husada.

Berdasarkan informasi polisi, pabrik tersebut memiliki 103 karyawan. Belum diketahui pasti dimana 10 orang karyawan lainnya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pabrik tersebut baru beroperasi beberapa bulan terakhir.

"PT Panca Buana Cahaya Sukses bergerak di bidang pembuatan kembang api kawat. Operasi sudah berjalan hampir dua bulan sebelumnya," kata Argo.

Sementara ini, Polda Metro Jaya menyediakan posko orang hilang di RS Polri mulai Kamis (26/10) sore. Posko tersebut guna memfasilitasi keluarga korban kebakaran pabrik petasan di Kosambi, Tangerang. Kabid Dokkes Polda Metro Jaya, Umar Shahab, mengimbau bagi keluarga korban yang merasa kehilangan keluarga korban untuk segera melapor ke polres dan polsek setempat dan membawa data gigi-geligi. aish

Komentar