No icon

Flakka Ubah Seseorang Menjadi Zombie

Masyarakat Mesti Waspada terhadap Beredarnya Zombie Flakka

Narkoba, jelas merupakan barang yang haram dikonsumsi. Namun masih saja banyak manusia yang kehilangan hati nurani tetap menyebarkan obat-obatan terlarang itu. Anehnya lagi umumnya seseorang akan mengonsumsi narkoba karena sensasinya seperti nge-fly, melayang, rileks yang membuat semakin kecanduan. Padahal bila dilogika nggak ada faedah dan manfaat selain merasakan ketenangan yang kemudian efeknya merusak organ tubuh mereka secara perlahan.

Hari ini, negeri dihebohkan tentang obat baru bernama flakka yang merupakan salah satu obat terlarang yang diwaspadai masuk ke dalam negeri. Melihat bagaimana umumnya seseorang mengonsumsi narkotika karena efeknya yang menyenangkan, narkoba jenis baru ini justru membuat penggunanya berubah menjadi zombie. Seperti pada Resident Evil atau Walking Dead atau Train to Busan lah, nggak wajar sekali kan bila seseorang tetap tega menjadi pengedar obat jenis ini.

Apa faedahnya coba? Heran. 

Related image

Sumber Gambar: Palmbeachpost

Dilansir Kompas, Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistiyandriatmoko menyatakan bahwa flakka merupakan jenis narkotika sintesis yang jauh lebih bahaya daripada narkotika jenis lainnya. Ia mengungkapkan bahwa pengaruh dari penggunaan flakka bisa 10 kali lipat lebih parah dari kokain. Orang yang mengonsumsi flakka bisa berubah menjadi sangat agresif dan kejang-kejang. Dalam hal ini Sulis menerangkan bahwa flakka termasuk golongan psikostimulan sehingga pengonsumsinya terangsang sedemikian rupa kegunaan sarafnya sehingga yang bersangkutan bisa jadi sangat agresif.

Dalam jangka pendek, pengguna yang kecanduan flakka akan mengalami euforia yang berlebihan, denyut jantung lebih cepat, kenaikan tekanan darah, dan berperilaku waspada yang berlebihan. Dampaknya ginjal akan mengalami efek yang mengerikan. Zat yang terdapat pada narkoba tersebut akan membuat otot semakin lemah dan membuat tubuh mengalami hipertermia.

Beberapa video di media sosial tersebar bagaimana narkoba jenis flakka bisa memengaruhi si pemakai melakukan hal-hal yang agresif dan merasa kuat. Ada yang menggerak-gerakkan kepala dalam kondisi miring setelah mengonsumsi zat tersebut, hingga mendadak berlari kencang dan menabrakkan diri ke mobil.

Komentar