Warning: include(consig.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8

Warning: include(): Failed opening 'consig.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php70/usr/share/pear') in /home/u8479251/public_html/pocimedia.com/index.php on line 8
Bahasa Arab, Kunci Utama Memahami Makna Al Quran’ dan Ajaran Rasul
No icon

Bahasa Arab, Kunci Utama Memahami Makna Al Quran’ dan Ajaran Rasul

Surabaya, pocimedia.com – Al quran merupakan kitab suci umat Islam. Di dalamya memuat petunjuk bagi kehidupan manusia dari berbagai aspek, sosial, ekonomi, politik, syariat agama, tauhid, sejarah dan sebagainya. Sebagai pedoman hidup, maka Allah menyerukan hamba-NYA agar senantiasa membaca sekaligus memahami isi kandungan Al qur’an. Setelah itu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk bisa membaca serta mengerti makna ayat-ayat suci Al quran, kunci utamanya kita harus mempelajari bahasa arab. Iya, karena Al quran itu sendiri ditulis menggunakan bahasa Arab.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.”

Salah satu Ulama besar, Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa mempelajari bahasa Arab adalah suatu kewajiban, karena Allah menurunkan risalah-Nya melalui Al quran sekaligus menjadikan Muhammad sebagai untuk menyampaikan As Sunnah menggunakan bahasa Arab.

“Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri bagian dari agama. Hukum mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah itu wajib, dan keduanya tidaklah bisa dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab,” Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah.

Bagi umat Islam, bahasa Arab pada dasarnya tidak menjadi hal asing. Ini karena hampir sebagian besar aktivitas kita menggunakan bahasa Arab. Mulai berdoa, melaksanakan kewajiban sholat, membaca Al quran, mempelajari Hadits nabi dan kitab-kitab yang dikarang oleh Ulama Islam.

Tahukah kalian bahwa ternayata Nabi Muhammad SAW mengistimewakan bahasa Arab. Pertama, karena Rasulullah berasal dari Bangsa Arab, tepatnya dari kelompok terbaik di Arab, suku Quraisy. Kedua, bahasa Arab merupakan bahasa surga. Ketiga, dengan mempelajari bahasa Arab itu berati kita bisa memahami ajaran Islam yang dirisalahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan diterjemahkan oleh ulama-ulama melalui kitab-Nya. Dalam salah satu riwayat, Umar bin Khattab berkata, “Pelajarilah bahasa Arab, sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian”.

Dengan demikian, jika umat Muslim Indonesia saat ini ingin mengulang kembali masa kejayaan Islam yang pernah terjadi pada masa Rasulullah dan para sahabatnya, maka mulai saat ini kita harus benar-benar mendalami Al quran dan Sunnah. Bukan hanya sekedar membaca, namun juga memahami isi kandungan Alquran. Ini sebagaimana peritah pertama yang Allah berikan kepada manusia, yaitu Iqra’ (membaca). Bahwa menjadi muslim yang cerdas adalah suatu kewajiban. Perlu diketahui salah satu misi bangsa Yahudi untuk menghalang kejayaan Islam adalah dengan menyerukan agar kaum Islam tidak pernah mengerti arti Al quran dan Sunnah, cukup membaca atau menghafal tanpa perlu mendalami pesannya.

Komentar