No icon

Tanda-Tanda Kiamat

Prediksi Ilmuwan tentang Kiamat

Surabaya, pocimedia.com – Masih teringat betul ketika film kiamat 2012 pertama kali rilis, sontak menarik perhatian banyak penonton. Termasuk warga Indonesia. Sebagian kelompok ibu-ibu menggelar pengajian dan doa bersama. Ada juga kelompok yang masih ragu akan ada kiamat di Tahun 2012.
Terlepas dari pro dan kontra tentang kiamat. Cuplikan scene di film kiamat 2012 paling tidak memberikan gambaran kepada kita betapa mengerikan peristiwa tersebut. Mengenai kapan terjadinya, tentu tak satupun manusia yang bisa memprediksikan.

Meski demikian, sebagian ilmuwan luar negeri nyatanya tertarik untuk melakukan kajian lebih terkait hari kiamat. Salah satunya dilakukan oleh Daniel Rothman, profesor dari Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat. Dia mengklaim bisa menghitung kapan kejadian kiamat bumi menggunakan formula matematik.

“Peristiwa itu akan terjadi 83 tahun lagi, yaitu pada Tahun 2100,” ujarnya sebagaimana dilansir dari laman kampus MIT (30/10). Menurut Rothman, alasan utama kiamat bumi adalah meningkatnya jumlah karbon dioksida (CO2). Dia menghitung, pada 2100, jumlah CO2 di bumi akan mencapai 310 gigaton.
"Semuanya akan mengendap di samudera, dan manusia telah menghasilkan 1.540 miliar ton karbon sejak Revolusi Industri,” tulis dia dalam jurnal Science Advances edisi 20 September 2017 deengan judul Thresholds of catastrophe in the Earth system.

Lebih jauh, ilmuwan tersebut menyatakan bahwa peningkatan karbon bisa menjadi bencana skala massif. Dampaknya keberadaan manusia, tumbuhan dan hewan akan terancam. Semua mahkluk hidup akan punah dari muka bumi ini.
Meski kejadian hari kehancuran tidak bisa dibastika oleh manusia, namu Allah SWT telah memberikan gambaran atau gejala datangnya kiamat. Nabi Muhammad SAW pun juga memberikan petunjuk dalam sabda-Nya mengenai tanda kiamat.

Diantara tanda-tanda datangnya kiamat antara lain: Banyaknya anak-anak yang lahir akibat perzinaan, menjamurnya penegak hukum yang tidak adil, meluasnya perilaku menyimpang seperti homoseksualitas atau lesbian.
Dalam sebuah hadits, Nabi menambahkan bahwa salah satu tanda kiamat adalah perputaran waktu yang beegitu cepat. Saat ini kita semua merasakan begitu cepat waktu berlalu. Belum sempat kita berbuat sesuatu, tiba-tiba waktu sudah berganti sehingga banyak urusan yang belum terselesaikan.

"Tidak akan terjadi kiamat sehingga waktu terasa pendek, maka setahun dirasakan seperti sebulan, sebulan dirasakan seperti sepekan, sepekan dirasakan seperti sehari, sehari dirasakan seperti satu jam serta satu jam dirasakan seperti satu kilatan api." (HR Tirmidzi).ais

Komentar