No icon

Madura Bakal Terapkan Wisata Halal

Madura, pocimedia.com - Tren wisata syariah (Halal Tourism) rupanya semakin diminati oleh beberapa daerah di Indonesia. Sebelumnya Aceh, NTB, Lombok , Sumatera Barat, Jakarta dan Banyuwangi terlebih dahulu mengembangkan konsep wisata halal. Bahkan sebagian diantaranya berhasil mendapatkan penghargaan tingkat internasional. 

Tak mau ketinggalan, Madura yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur kali ini juga berniat mengembangkan konsep wisata syariah. Alasan mendasar karena sebagian besar masyarakat Madura beragama Islam. Nilai-nilai sebagai muslim terbilang masih kuat, baik dari segi ritual atau budaya sehari-hari dan sistem pendidikan. ""Yang kawasan wisata syariah itu ya kan Madura ini, kan sangat religius ya. Jadi nanti kita kembangkan di sana nuansa yang suasananya itu syariah," ujar Plt Kepala BPWS Herman Hidayat .

Saat ini Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS), sedang menyempurnakan kajian pengembangan wisata syariah di Pulau Madura untuk ditawarkan ke investor. Karena dikelilingi oleh Selat Madura, disana ada beberapa wisata pantai yang bisa dikunjungi. Bagi pengunjung yang hendak renang, mereka dilarang untuk mengenakan bikini. "Meskipun di sana ada pantai enggak boleh tuh wisatawan di sana pakai bikini, baju renang seperti itu," tambah Herman.

Dalam hal perdagangan, warga Madura diharapkan berdagang dengan cara jujur. Artinya bahwa tidak boleh ada permainan harga. Seperti memberikan tarif mahal untuk harga atau pelayanan yang jelek. "Artinya, ya di sana kalau berdagang itu yang jujur yang jelek dibilang jelek, yang bagus dibilang bagus ,terus di hotel pun makanannya segala macam itu halal, pokoknya yang seperti itulah," imbuhnya.ash

Bahkan, lanjut dia, untuk penginapannya, baik hotel maupun penginapan lainnya bagi mereka yang bukan berstatus sebagai suami istri di dalam suatu perjalanan wisata tidak boleh berada dalam satu kamar atau satu hotel. "Jadi, satu kamar enggak boleh. Kemudian nanti kalau ada di kolam renang yang treatment harus di close door, tidak boleh terbuka. Seperti itu saja sebetulnya," pungkasnya.ash

Komentar